Di Atas Bukit Sergang, Ada Asta Bergelar Raden, Tumenggung, Resi hingga Empu

Avatar of PortalMadura.com
Di Atas Bukit Sergang, Ada Asta Bergelar Raden, Tumenggung, Resi hingga Empu

PortalMadura.Com, Sumenep – Bukit Dusun Lebbak, , Kecamatan , Kabupaten , Madura, Jawa Timur, kini mulai ramai dikunjungi warga.

Mereka melakukan ziarah ke asta yang diyakini sebagai makam (kuburan) para waliyullah (Wali Allah). Batu nisannya terbuat dari batu kumbung berukuran besar.

Penataan batu nisan sangat rapi dan terdapat ukiran. Umumnya, bentuk kepala dan motif ukiran pada batu nisan dipakai para bangsawan (keturunan raja) dan penyebar agama Islam.

Di Atas Bukit Sergang, Ada Asta Bergelar Raden, Tumenggung, Resi hingga Empu

Ada tiga lokasi asta di bukit Desa Sergang tersebut yang hanya dibatasi dengan tembok batu kumbung tersusun rapi. Struktur batunya mirip dengan batu nisan.

Jumlah asta atau makam cukup banyak (puluhan). Hanya di dalam tembok pembatas paling timur terdapat tiga batu nisan yang disebut-sebut oleh warga adalah yang tertua.

Di Atas Bukit Sergang, Ada Asta Bergelar Raden, Tumenggung, Resi hingga Empu
Pembatas/ tembok (@portalmadura.com)

Saat PortalMaduraTV (grup PortalMadura.Com) berkunjung, Jumat (3/9/2021) siang, terdapat nama-nama yang ditancapkan di sejumlah batu nisan tersebut.

Dari yang bergelar Raden, Tumenggung, Resi, Syekh hingga Empu. Nama-nama tersebut baru dibuat oleh warga setelah mendapatkan dari seorang habib asal Banyuwangi, Jawa Timur.

Nama-nama itu, di antaranya Syekh Muhammad Ilyas, R. Arya Cakra Langit (cucu Raden Fatah), RA. Selendang Kencono Langit, Putri Tungga Dewi, Sultan Maulana, Tumenggung Suropati, Resi Bangah, Putri Lestari, Mahesa dan Empu Djoko Samudera (K. Bramana).

Di Atas Bukit Sergang, Ada Asta Bergelar Raden, Tumenggung, Resi hingga Empu

Kepala Desa Sergang, Moh. Duki menjelaskan, pada batu nisan maupun tembok pembatas tidak ada tanda berupa angka atau huruf yang menunjukkan identitas atau tahun.

“Nama-nama itu dari seorang habib (hasil meditasi, red),” katanya pada PortalMaduraTV.

Asal Usul Asta Bukit Sergang (Asta Partelon)

Di Atas Bukit Sergang, Ada Asta Bergelar Raden, Tumenggung, Resi hingga Empu
Kepala Desa Sergang, Moh. Duki

Kepala Desa Sergang, Moh. Duki menjelaskan, keberadaan asta bukan baru ditemukan.

Pemilik lahan dan warga sekitar, kata dia, sudah tahu secara turun temurun. Hanya saja belum terurus dengan baik.

“Dan kondisi batu nisan dan lainnya tetap tidak ada perubahan sedikit pun sejak dulu,” katanya.

Warga setempat menyebut ‘Asta' dan tidak ada penyebutan nama lain (nama orang). Lokasinya dekat dengan simpang tiga Desa Sergang (Asta Partelon/ Asta simpang tiga).

Duki sapaan akrab Moh. Duki bersama perangkat desa setempat baru merasa terketuk untuk memasang listrik saat ada warga yang datang untuk ziarah.

“Melalui musyawarah bersama warga dan perangkat desa, disepakati untuk dibersihkan serta pengadaan air dan listrik. Alhamdulillah, listrik dan air sudah ada,” ujarnya.

Pembersihan lokasi asta sudah berlangsung 20 hari. Warga sekitar kompak bergotong-royong. Dan masyarakat yang akan berziarah juga mulai ramai.

Rencana pemerintahan Desa Sergang akan melengkapi fasilitas untuk kebutuhan pengunjung. Salah satunya, pembangun musala dan MCK.

“Musala dan MCK sudah siap untuk dibangun,” ujarnya.

Pihaknya berharap, bagi pengunjung atau yang hendak melakukan ziarah agar tidak melakukan hal-hal yang negatif atau perbuatan menyimpang.

“Silakan ziarah, jaga kesopanan dan tidak dipungut biaya apapun,” tandasnya.

 

 

Lokasi

Jika ditempuh dari simpang tiga Pasar Barisan, Kecamatan Manding;

lurus ke utara hingga terlihat pantai utara Desa Sergang.

Sebelum simpang tiga, di kanan jalan ada bukit dengan pepohonan jati. Pintu masuk kanan jalan ditandai dengan umbul-umbul dan bendera.

Jalan pintu masuk belum aspal atau masih pengerasan.(*)

Tonton juga video Asta Waliyullah Desa Sergang

https://youtu.be/gbdGqrj4YEk

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.