Ajarkan Anak Main Sepak Bola Sejak Dini, Ini 5 Pelajaran yang Dapat Diambil

Avatar of PortalMadura.com
Ajarkan Anak Main Sepak Bola Sejak Dini, Ini 5 Pelajaran yang Dapat Diambil
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada umumnya, olahraga sepak bola menjadi favorit laki-laki. Namun, anak perempuan pun juga perlu diajarkan olahraga ini. Sebab selain menyehatkan, olahraga yang dilakukan secara tim ini juga memberikan dampak positif secara psikologis.

Anak-anak yang bermain sepak bola akan merasakan kesenangan dan kepuasan yang selanjutnya membuat mereka lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitasnya. Selain itu, ada beberapa pelajaran yang didapat anak ketika bermain sepak bola.

Berikut lima pelajaran yang dapat diambil dan berguna dari bermain sepak bola:

Belajar Bekerja Bersama
Sepakbola merupakan olahraga yang hanya berhasil jika ada kerjasama tim yang kuat dan solid. Setiap pemain memiliki peran berbeda namun sama pentingnya.

Untuk mencapai tujuan, anak diajarkan untuk mempercayai rekan setimnya, menghargai kemampuan dan keterampilan sesamanya, serta memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

Anak-anak yang terbiasa bergiliran dan bekerja sama nantinya akan lebih mudah masuk ke lingkungan sosial yang baru, menghargai orang lain, dan menjadi pemain tim yang baik.

Pentingnya Bekerja Keras
Untuk beberapa anak dapat menguasai kemampuan atletik dengan mudah, tapi lainnya harus berusaha keras untuk berprestasi dalam olahraga. Sepakbola dapat mengajarkan bahwa satu-satunya jalan menuju kesuksesan adalah melalui kerja keras.

Pemain muda berprestasi Indonesia seperti Evan Dimas, biasa berlatih berjam-jam untuk membantu mencapai kemampuan terbaik dan mencetak prestasi yang lebih baik dari sebelumnya.

Disiplin
Seperti olahraga lainnya, sepak bola membutuhkan kedisiplinan tinggi. Selain harus memiliki kondisi fisik yang fit dan bugar, anak-anak yang menyukai sepak bola juga terbiasa untuk disiplin saat latihan. Mulai dari datang tepat waktu, mempelajari dan mematuhi aturan-aturan yang berlaku dalam permainan, dan menunjukkan kesadaran diri.

Disiplin yang terbentuk sejak awal dapat membuat anak memiliki hidup yang teratur dan terorganisir. Hal ini menjadi salah satu hal yang dapat digunakan untuk mencapai kesuksesan seiring tumbuh dewasa.

Mengenali dan Memperbaiki Diri Sendiri
Bermain sepak bola dan olahraga lainnya dapat membantu anak-anak belajar mengenali apa kelebihan dan kekurangannya. Hal ini dapat digunakan untuk mengasah kemampuan terbaiknya dan memperbaiki diri.

Mereka juga belajar bahwa setiap orang memiliki kekuatan yang berbeda, dan itu tidak seharusnya menjadi masalah, selama tetap memberikan usaha terbaik.

Setelah mengenali kemampuan diri, anak-anak juga dapat menentukan tujuan yang diinginkan. Hal ini akan memicu semangat dan motivasi untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.

Mengatasi Kegagalan
Tidak semua usaha yang dilakukan anak akan berakhir dengan kemenangan dan hasil yang manis. Di sinilah sepak bola dapat mengembangkan karakter yang sesunggunya, dengan belajar bahwa tidak apa-apa untuk kecewa.

Mereka akan belajar untuk memberikan selamat pada orang lain, mendukung, dan mendorong rekan satu tim saat mengalami kekalahan.

Jika dibawa hingga ia tumbuh dewasa, anak akan belajar makna sportivitas dan melatih empati pada orang lain. Sebenarnya, ada banyak pelajaran yang dapat diambil dari kegiatan sepak bola yang dilakukan anak-anak. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.