Allantoin, Salah Satu Kandungan Skincare yang Cocok Bagi Kulit Sensitif

Allantoin, Salah Satu Kandungan Skincare yang Cocok Bagi Kulit Sensitif
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Produk perawatan dari negara Jepang dan Korea sudah banyak tersebar di pasaran, khususnya Indonesia. Bagi penggemarnya, mungkin produk mereka sudah banyak digunakan. Nah, dalam kandungan produk tersebut biasanya terdapat allantoin.

Apa itu allantoin?. Produk perawatan ini untuk kulit berjerawat, produk perawatan bibir, atau produk-produk sun care. Dari kegunaan tersebut, tidak heran jika sekarang ini allantoin sedang digemari para pengguna skincare.

Tidak hanya itu, ada beberapa hal yang mungkin belum Anda ketahui tentang allantoin tersebut. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini seperti dilansir Merdeka.com, yang dikutip dari Allure Korea:

Mengenal Allantoin

Nama ilmiah dari allantoin adalah aluminum dihydroxy allantoinate. Hal ini adalah kandungan yang bisa ditemukan di dalam tumbuhan, hewan, dan mikroba.

“Di sel, allantoin diproduksi dari asam urat,” jelas ahli kimia kosmetik, Perry Romanowski.

Biasanya, allantoin alami diekstrak dari tanaman comfrey atau komprei. Namun allantoin yang digunakan di dalam produk perawatan kulit adalah produk sintetis yang dibuat di dalam laboratorium.

Khasiat Allantoin untuk Kulit

Selain beberapa khasiat yang sudah disebutkan sebelumnya, menurut pakar kimia kosmetik Ginger King, allantoin berkhasiat menenangkan kulit dan memiliki efek antiinflamasi. Oleh karena itulah kandungan ini baik untuk kulit sensitif.

Menurut Romanowski, allantoin juga bertugas sebagai pelindung kulit seperti halnya petroleum jelly. Pasalnya kandungan ini memang bisa mencegah kulit pecah-pecah dan membantu merawat luka ringan.

Baca Juga : Inilah Kandungan Skincare yang Tak Boleh Digunakan Bersamaan, Perhatikan Ladies!

Hasil uji coba di laboratorium juga menunjukkan kalau allantoin berkhasiat antioksidan, menyamarkan garis-garis halus, dan mengelupas kulit mati. Bahkan, bisa merangsang produksi kolagen serta mencegah hilangnya kelembapan dari kulit.

Siapa yang Cocok Menggunakan Skincare Berbahan Allantoin?

Pakar dermatologi bersertifikat dari Amerika Serikat, Claire Chang mengatakan, allantoin baik digunakan untuk para pemilik kulit sensitif. Terutama mereka yang mengalami iritasi dan kulit kering akibat penggunaan retinol dan asam glikolat.

Bagi Anda yang masih merasa khawatir dengan penggunaannya, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter kulit Anda untuk mencegah hal-hal yang mengkhawatirkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.