Amalan Hari Jumat, Syekh Ali Jaber: Jangan Pernah Meninggalkan

Avatar of PortalMadura.Com
Amalan Hari Jumat, Syekh Ali Jaber: Jangan Pernah Meninggalkan
Syekh Ali Jaber (google)

PortalMadura.Com – Jumat adalah salah satu nama hari dalam seminggu, yaitu antara hari Kamis dan Sabtu. Nama arkais untuk adalah Sukra. Menurut ISO 8601, hari Jumat merupakan hari kelima dalam seminggu.

Bagi umat muslim, hari Jumat tergolong hari yang sangat istimewa. Hari Jumat adalah hari raya dan rajanya hari dalam seminggu. Hari Jumat Nabi Adam dicipta, hari suci, pahala dilipatgandakan dan waktu mustajab berdoa serta dosa terampuni.

menyebutkan pada hari Jumat dan diingatkan agar tidak meninggalkannya. Ada 4 amalan yang perlu dilakukan dan ditingkatkan, meliputi;

1. Selawat

Syekh Ali Jaber menyampaikan bahwa pesan Nabi Muhammad SAW, “Perbanyaklah selawat di hari Jumat”. “Jadi, boleh meninggalkan seluruh zikir dan hanya fokus selawat. “Itu tidak salah,” tegasnya.

“Karena Rasulullah memang minta kita berselawat pada beliau di hari Jumat,” katanya.

Syekh Ali Jaber memohon agar sepanjang hari, baik dalam perjalanan atau dimana pun berada tolong berselawat kepada Nabi Muhammad SAW.

“Pakai sayyiduna, tidak pakai sayyiduna boleh, mau panjang atau mau pendek (lafalnya) boleh. Intinya berselawat kepada Nabi Muhammad SAW,” tandasnya.

2. Baca Surat Al-Kahfi

Surat Al-Kahfi yang terdiri dari 110 ayat merupakan amalan istimewa pada hari Jumat. Bahkan, Syekh Ali Jaber membolehkan tidak secara sekaligus dibaca sampai selesai alias boleh dicicil.

Misalnya, dibaca setiap selesai salat. “Boleh dibaca satu halaman. Lanjutkan lagi setiap selesai salat. Bagitu selesai salat Asar selesaikan semuanya,” terangnya.

Bagi umat muslim yang belum bisa membaca, diperbolehkan mendengarkan murattal (rekaman suara Alquran) lewat handphone. “Orang yang menyimak bacaan Alquran sama dengan orang yang membaca Alquran,” katanya.

3. Doa Diterima

Pada hari Jumat ada waktu 1 jam yang doanya tidak akan ditolak oleh Allah SWT. Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang berdoa di satu jam itu akan diijabah doanya. Tidak ditolak doanya oleh Allah,” kata Syekh Ali Jaber.

Ulama, kata dia, memiliki beda pemahaman tentang 1 jam itu. Dari kumpulan bermacam riwayat hadits bahwa 1 jam yang paling kuat untuk diterima doanya adalah 1 jam yang terakhir di sore hari.

“Kira-kira satu jam sebelum maghrib. Berarti kita sudah mendapatkan keutamaan doa mustajab. Istimewa jangan sampai tertinggal,” tegasnya.

4. Sedekah Subuh

Sedekah subuh adalah sedekah yang dilakukan pada waktu subuh atau setelah salat subuh. Sedekah yang dilakukan setelah salat subuh berjemaah memiliki keistimewaan tersendiri.

“Jadi, banyak ayat Alquran, Allah mengingatkan infak sedekah dengan salat. Saya mengambil pelajaran, salah satu cara Allah memurahkan rezeki seseorang, mendatangkan rezeki dengan cara yang istimewa menjaga sedekah setiap salat,” terangnya.

Apalagi di subuh hari, kata dia, karena memang selepas subuh ada dua malaikat yang berdoa. Yang satu mendoakan bagi orang yang berinfak di subuh hari.

“Ya Allah berikan ganti pada yang disedekahkan dengan berlipat ganda”.

Yang kedua, malaikat mendoakan orang-orang yang kikir di subuh hari, yang pelit di subuh hari dan tidak mau bersedekah di subuh hari. “Ya Allah jangan berkahi hartanya”. Naudzubillah…

“Kalau kita tidak mampu berarti uzur, tapi kalau kita mampu, jangan sampai kita kenak doa malaikat itu,” tandasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.