oleh

Anak Sering Pakai Makeup? Perhatikan, Ini 5 Dampak Buruknya

PortalMadura.Com – Saat ini, makeup bukan hal yang tabu bagi anak perempuan. Banyak dari mereka yang sudah pintar menggunakan berbagai jenis makeup. Namun, sebagai orang tua tetap harus memperhatikan kandungan makeup yang digunakan anak.

Struktur kulit anak yang lapisannya masih tipis berbeda dengan orang dewasa. Sehingga, anak tidak tidak boleh terlalu sering menggunakan makeup. Kandungan kimia pada makeup akan menimbukan dampak buruk pada anak.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut dampak buruk yang ditimbulkan, jika anak sering menggunakan makeup.

Kulit Iritasi

Dampak buruk pakai makeup untuk anak yang pertama adalah terjadinya iritasi pada kulitnya. Biasanya, kulit iritasi memang jadi salah satu masalah yang paling sering dialami anak ketika terlalu sering memakai makeup.

Kulit anak akan berubah menjadi kemerahan, gatal, kering atau terkelupas, dan muncul jerawat. Bila kondisi ini terjadi pada anak, Anda harus berkonsultasi kepada dokter untuk pengobatan yang tepat.

Kulit Keriput

Selain dapat menyebabkan iritasi, dampak buruk pakai makeup untuk anak berikutnya yaitu membuat kulit keriput. Hal ini disebabkan karena sering memakai makeup bisa menyulitkan kulit untuk membuat sel kulit baru. Akhirnya, kulit jadi terlihat mengerut dan mengusam. Inilah yang nantinya bisa membuat anak jadi terlihat menua meski usianya masih muda.

Memicu Reaksi Alergi pada Kulit

Anak juga dapat mengalami berbagai reaksi alergi pada kulit jika terlalu sering memakai makeup. Hal ini disebabkan karena makeup biasanya mengandung pewangi yang dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit anak, seperti gatal-gatal, panas, dan bengkak.

Rasa gatal ini bisa membuat anak terus menggaruk kulit hingga luka. Tidak jarang, luka ini terinfeksi dan mengeluarkan nanah.

Tekstur Kulit Kasar

Dampak buruk pakai makeup untuk anak selanjutnya yaitu membuat tekstur kulit kasar. Hal ini berkaitan dengan perilaku anak setelah menggunakan makeup. Jika ia tidak membersihkan makeup dari wajah segera, hal ini bisa membuat tekstur kulitnya menjadi kasar. Bila sisa makeup tidak terangkat sempurna, nantinya bisa menyebabkan kulit kasar dan memicu masalah kulit lainnya.

Penyumbatan Pori-Pori

Tidak hanya itu, dampak buruk pakai makeup untuk anak juga dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit. Hal ini akan lebih rentan dialami apabila sisa makeup tidak dibersihkan dengan baik sehingga memicu peradangan kulit dan timbulnya jerawat.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Liputan6.Com

Komentar