oleh

Ancam Pemukiman Warga, 2 Hektar Lahan Pertanian di Sampang Ambles

PortalMadura.Com, Sampang – Hujan deras yang terjadi di beberapa wilayah utara Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur membuat lahan milik warga Dusun Budauh, Desa Lar-lar, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang ambles tergerus derasnya aliran air hujan.

Musibah tanah amblas terjadi pada Senin (30/5/2016) sekitar Pukul 17.00 Wib. Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun lahan seluas 2 hektar kondisinya membahayakan.

Salah seorang warga Desa Lar-lar Kecamatan Banyuates, Mubarok mengatakan, musibah ini mulai mengancam beberapa rumah penduduk yang berada disekitar kejadian.

“Jika tidak segera dibantu oleh pemerintah, saya yakin kejadian ini bakal meluas dan mengancam rumah warga,” katanya, Kamis (2/6/2016).

Ia menjelaskan lahan milik Pak Matrawi dan Suliha yang ambles itu disebabkan tidak kuatnya kultur tanah pada saat hujan deras, sehingga mengakibatkan tanah lembek dan ambles.

“Yang ambles areal kebun sekitar 2 hektar milik pak Matrawi dan Suliha, dan bencana tanah ambles ini sudah dekat dengan rumah warga Marli, Mujai dan Samad,” Kata Mubarok dihubungi via seluler.

Tak hanya merusak lahan dan mengancam pemukiman warga setempat, kata Mubarok,  amblesnya tanah di kawasan tersebut, juga merusak jalan setapak yang menjadi akses utama antar Dusun Budauh menuju kebeberapa dusun yang ada disekitarnya.

“Tanah ambles ini juga menutup aliran sungai, sehingga pemukiman warga jadi genangan,” katanya.

Sementara, Kepala BPBD Sampang Wisnu Hartono mengaku belum mengetahui kejadian tersebut.

“Kita belum tahu mas, belum ada laporan dari camatnya,” tuturnya via seluler.(lora/choir)

Komentar