Anda Berniat Rayakan Valentine? Ini Hukumnya dalam Islam

Anda Berniat Rayakan Valentine? Ini Hukumnya dalam Islam
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Pada bulan Februari, hari yang biasanya ditunggu-tunggu oleh pasangan kekasih adalah hari valentine. Hari yang biasanya dikenal dengan hari kasih sayang ini memang masih melekat di Indonesia, karena berbagai perayaan biasanya dilakukan. Misalnya dengan memberikan cokelat ataupun bunga untuk membuat sang kekasih menjadi senang.

Tapi, tahukah Anda bahwa Agama Islam melarang umatnya untuk merayakan hari Valentine?. Karena, jika dilihat dari silsilah atau sejarahnya budaya ini sangat bertolak belakang dengan ajaran Agama Islam. Seharusnya, sebagai negara yang mayoritas Muslim ini tidak ikut terpengaruh untuk merayakannya.

Perlu diketahui bahwa hari Valentine ini mengandung unsur-unsur kristiani namun kebanyakan orang tidak mau ambil pusing karena takut ketinggalan zaman dan juga ketinggalan teman. Pandangan ini harus diluruskan agar para anak muda tidak terjerumus pada hal-hal yang salah.

Perayaan hari Valentine ini memuat beberapa pengakuan atas dasar Klaim dogma dan juga ideologi kristiani seperti mengakui kalau “Yesus adalah anak Tuhan” dan masih banyak yang lainnya. Apabila umat muslim melakukannya sesungguhnya dia memang sudah terjerumus pada perbuatan yang Musyrik dan menyekutukan Allah SWT. Hal itu adalah salah satu perbuatan yang tidak akan bisa mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Baca Juga:  5 Doa Malam Pertama yang Perlu Pasutri Amalkan

“Barang siapa meniru suatu kaum, maka ia termasuk dari kaum tersebut,” Demikian bunyi hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Tirmidzi.

Menurut Ibnul Qayyim Al Jauziyah rahimahullah juga menegaskan kalau memberikan selamat atas acara orang kafir itu adalah perbuatan haram. Misalnya memberikan selamat pada puasa mereka atau mengucapkan hari raya mereka dan masih banyak lainnya. Walaupun yang mengucapkannnya tidak sampai pada tingkat kekafiran, namun itu adalah perbuatan haram sama saja dia telah memberi selamat pada perbuatan yang telah menyekutukan Allah SWT. Bahkan perbuatan itu juga memiliki dosa besar di sisi Allah SWT dan juga sangat dimurkai.

Banyak sekali orang-orang terutama anak muda yang ikut merayakan hari Valentine karena kurang mengerti akan Agama dan terjerumus pada perbuatan buruk tersebut. Dengan kata lain, jika hal itu dilakukan maka sama saja telah menyiapkan diri untuk mendapatkan kemurkaan dari Allah SWT. Sebagaimana hadis berikut menjelaskan,

Baca Juga:  Ziarah Makam Raja Joharsari, Baca Surah Ini Agar Allah Cepat Kabulkan Hajatnya

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin (mu); sebagian mereka adalah pemimpin bagi sebagian yang lain. Barangsiapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim,”. (Qur’an surah Al-Maidah ayat 51)

Jadi, sudah jelas kan kalau umat muslim dilarang untuk ikut merayakan hari valentine. Semoga informasi tersebut bisa menjadi renungan bagi Anda agar bisa berpikir ulang untuk merayakan hari valentine. Semoga tahun ini Anda terhindar dari perbuatan-perbuatan yang sangat dilarang ini dan kembali ke jalan yang lurus. (rukun-islam.com/Putri)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.