Anda Cinta Tanah Air? Ini Sejarah Singkat Kemerdekaan Indonesia

Avatar of PortalMadura.com
Anda Cinta Tanah Air? Ini Sejarah Singkat Kemerdekaan Indonesia
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Apakah Anda salah satu orang yang mencintai Negara Indonesia?. Jika iya, sudah tahukah bagaimana sejarah para pejuang dan pahlawan yang rela mempertaruhkan nyawanya demi kemerdekaan Indonesia?.

Kemerdekaan yang dirasakan saat ini tentunya melewati berbagai proses panjang yang perlu diteladani bersama. Apabila Anda merasa cinta tanah air, maka Anda harus tahu bagaimana .

Berikut ini sejarah singkat kemerdekaan Republik Indonesia:

Berawal dari pecahnya “Perang Asia Timur Raya“, dan Amerika menyatakan perang kepada Jepang karena serbuan tentara Jepang di Pusat Pertahanan Amerika Serikat “Pearl Harbour” pada tanggal 8 Desember 1941. Tentara Jepang dengan Angkatan Laut dan Angkatan Udaranya semakin agresif beraksi mendarat di wilayah Indocina, Filipina, Malaya dan Indonesia.

Pemerintah Hindia Belanda ikut-ikutan Sekutu menyatakan perang dengan Jepang. Jepang mendarat ke Indonesia dengan tujuan melumpuhkan pasukan Belanda. Pendaratan pertama tentara Jepang di Tarakan kemudian merambah ke daerah Balik Papan, Manado, Ambon, Makasar, Pontianak dan Palembang.

Daerah-daerah di Jawa juga dikuasainya, pada tanggal 1 Maret 1942, Jepang mendarat di Banten, Indramayu dan Rembang. Wilayahnya semakin meluas dengan dikuasainya Batavia tanggal 5 Maret 1942, dan semakin merajalela ke wilayah Surakarta, Cikampek, Semarang dan Surabaya. Belanda semakin terdesak dengan penyerangan Jepang dan akhirnya Pemeritah Hindia Belanda menyatakan “menyerah tanpa syarat”.

Masyarakat Indonesia pada awalnya menyambut dengan ramah kedatangan militer Jepang, dapat dilihat dari sikap kooperatif tokoh-tokoh Nasional Ir. Soekarno dan Moh Hatta. Pemerintahan Jepang mulai aktif merangkul rakyat dengan pembentukan organiasasi masyarakat, yang sebenarnya “ada udang di balik batu” sebenarnya di balik itu untuk kepentingan Jepang di Perang Dunia II. Organisasi itu antara lain : Gerakan Tiga A, Pusat Tenaga Rakyat (PUTERA), Jawa Hokokai, Seinendan, Keibodan, Fujinkai, Heiho, MIAI, Pembentukan BPUPKI.

BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan RI) dibentuk pada tahun 1943 di bawah pemerintah Perdana Menteri Tojo, bertugas untuk mempelajari dan menyelidiki hal-hal yang penting dan perlu bagi pembentukan pemerintah Indonesia. Dalam perkembangannya selanjutnya BPUPKI dibubarkan dan diganti nama oleh tokoh pejuang, dari BPUPKI menjadi PPKI atau dikenal dengan Docoritsu Junbi Inkai, dengan penggantian nama ini terkesan bahwa organisasi PPKI bukan bentukan Jepang tetapi hasil kesepakatan dan perjuangan para tokoh kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa penting yaitu pertemuan Soekarno, M Hata dan Rajiman Wedyodiningrat dengan Jenderal Terauchi di Dalat menyampaikan bahwa pemerintah Jepang telah memutuskan akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia yang wilayahnya meliputi bekas wilayah Hindia-Belanda.

KEKALAHAN JEPANG DAN KEMERDEKAAN INDONESIA

Pasukan Jepang mulai melemah, kekalahan dan kekalahan diperolehnya dan Amerika semakin kuat, apalagi setelah menarik pasukannya yang ada di Eropa. Serangan Jepang dapat dihentikan oleh tentara Amerika antara lain pada bulan Mei 1942 di pertempuran Laut Koral dan Juni 1942 di Pertempuran Midway.

Jepang semakin klepek-klepek karena Amerika mengamuk sehingga pada tanggal 6 Agustus 1945 AS menjatuhkan Bom Atom pertamanya di Hiroshima. Amerika belum puas juga dan tiga hari kemudian tanggal 9 Agustus Bom Atom kedua mendarat kembali di kota Nagasaki, dua pusat kota pemerintahan Jepang menjadi hancur rata dengan tanah.

Akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945. Penyerahan kalah itu dilakukan di kapal Missouri pada tanggal 2 September 1945 oleh Kaisar Hirohito (Jepang) dan Jendral Douglas Mc Arthur (Sekutu).

Berita kekalahan Jepang terhadap Sekutu tidak dapat disembunyikan, dengan perjanjian Post Dam Jepang menyerahkan kekuasaannya kepada Sekutu dan otomatis di Indonesia terjadi kekosongan kekuasaan. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia dengan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Sudah tahu bagaimana sejarah singkat kemerdekaan republik Indonesia?. Semoga bermanfaat dan dijadikan panutan bersama untuk terus menjaga nama baik Indonesia dan semoga menjadi penerus bangsa yang berguna bagi . (kompasiana.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.