Anda Mahasiswa? Ini Macam-macam Diskusi yang Harus Anda Tahu

Avatar of PortalMadura.com
Anda Mahasiswa? Ini Macam-macam Diskusi yang Harus Anda Tahu
Ilustrasi (eventhunterindonesia.com)

PortalMadura.Com- merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh kalangan akademisi. Bahkan menjadi rutinitas bagi , rasanya mahasiswa dan kegiatan diskusi memang merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, dimana ada mahasiswa pasti disana ada diskusi yang berlangsung.

Namun tahukah Anda, bahwa sebenarnya diskusi itu memiliki banyak macam sesuai dengan tupoksi masing masing. Dilansir dari Merdeka.Com, Selasa (2/3/2020) berikut beberapa jenis diskusi yang mahasiswa wajib tahu:

Diskusi panel merupakan diskusi yang membahas suatu permasalahan yang dilakukan oleh beberapa panelis yang biasanya terdiri dari 4-5 orang. Dalam diskusi ini ada juga audiens sebagai pendengar, namun tidak terlibat langsung tetapi berperan hanya sebagai pendengar dan peninjau para panelis yang sedang melaksanakan diskusi.

Jenis diskusi ini biasanya dianggap sebagai diskusi terbesar dan cenderung dianggap sebagai diskusi paling bergengsi. Umumnya koferensi melibatkan sejumlah penceramah dan pembicara terkemuka.

Lokakarya

Diskusi ini dianggap sebagai konferensi kecil dan kurang tersuktur namun lebih formal dari seminar. Biasanya peserta dari diskusi lokakarya ini lebih beragam dari berbagai departemen seperti jurnalis dan mungkin juga pembisnis.

Seminar

Pada umumnya seminar dilakukan dalam satu institusi atau universitas, dan sering kali seminar akan terdiri dari sekelompok kecil orang. Biasanya dalam pelaksanaan diskusi akan ada 1-2 orang yang memberikan presentasi dan lebih fokus pada diskusi atau tanyajawab.

Nah, itulah beberapa jenis diskusi yang perlu mahasiswa tahu. Sebagai mahasiswa sudah semestinya untuk memperbanyak diskusi untuk mengembangkan pengetahuan kita, sebab dengan berdiskusi kita akan belajar untuk menjadi orang yang bertanggung jawab atas pengetahuan yang kita miliki.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.