oleh

Anda sedang Sakit? Baca Doa Kesembuhan Berikut

PortalMadura.Com – Kenikmatan yang harus selalu disyukuri adalah nikmat Sehat. Saat manusia selalu berada dalam kondisi sehat maka ini adalah nikmat terbesar. Sehat bukan hanya tentang badan, namun sehat hati dan fikiran.

Namun manusia tidak selamanya sehat, pasti ada saatnya sakit. Oleh karena itu ada doa yang bisa dibacakan saat Anda atau orang lain memgalami sakit. Dilansir dari laman Suara.Com, Kamis (17/12/2020)

Selamat Ibadah Puasa

Berdasarkan riwayat Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.

Artinya, “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H]).

Rasulullah SAW membaca doa ini ketika sedang meruqyah salah seorang sahabat

Imsahil ba’sa rabban nasi. Bi yadikas syifa’u. La kasyifa lahu illa anta.

Artinya, “Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H])

Doa yang dianjurkan untuk dibaca sebanyak 7 kali dihadapan orang sakit

As’alullahal azhima rabbal ‘arsyil ‘azhimi an yassfiyaka.

Artinya, “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H]).

Doa ini yang dibaca oleh Rasulullah SAW ketika menjenguk sahabat Salman Al-Farisi RA sebagaimana riwayat Ibnu Sunni berikut ini.

Syafakallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘afaka fi dinika wa jismika ila muddati ajalika.

Artinya, “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H])

Rasulullah SAW menganjurkan membaca doa ini kepada mereka yang merasakan nyeri sambil memegang bagian yang nyeri tersebut

Bismillah, (dibaca 3 kali).

Artinya, “Dengan nama Allah.”

A‘udzu billahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadziru, (dibaca 7 kali).

Artinya, “Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan kukhawatirkan.”

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : suara.com

Komentar