Anjuran Rasulullah, Ini 4 Buah Sehat untuk Ibu Hamil

Avatar of PortalMadura.Com
Anjuran Rasulullah, Ini 4 Buah Sehat untuk Ibu Hamil
Anjuran Rasulullah, Ini 4 Buah Sehat untuk Ibu Hamil

PortalMadura.Com – Kehamilan merupakan sesuatu yang sangat di nanti-nantikan bagi setiap wanita yang sudah berumah tangga, dan ketika memasuki usia kehamilan tentunya memerlukan nutrisi makanan yang kaya akan gizi dan cukup serat.

Kualiats gizi yang baik dan makanan yang berserat akan membantu untuk menjaga stamina selama menjalani masa kehamilan. Dan bukan cuma itu, mengkonsumsi makanan sehat juga dapat membuat bayi lahir dengan normal, putih dan bersih.

Rasulullah SAW juga sangat menekankan pentingnya perhatian terhadap makanan ibu hamil khususnya yang mempengaruhi psikis dan spiritual anak, salah satu makanan tersebut yaitu berasal dari jenis buah-buahan segar yang mengandung banyak vitamin dan serat.

Ini 4

Berikut ini beberapa makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil yang di anjurkan Rasulullah SAW :

Buah Kelapa Segar

Buah sehat pertama ibu hamil yang dianjurkan oleh Rasulullah adalah buah kelapa segar. Buah ini sangat mudah didapat karena penyebaran serta pertumbuhannya bisa dimana saja. Buah kelapa segar baik bagi ibu hamil karena sangat bermanfaat untuk bayi yang dikandungnya. Rasulullah SAW bersabda :

Ibu yang sedang hamil hendaknya makan buah kelapa karena ia dapat menjadikan bau anaknya menjadi harum dan warna kulitnya bersih,” Hadits ini bersumber dari Muhammad bin Ya'qub (Al-Wasail 15: 133, hadits ke-1).

Tidak hanya untuk membuat aroma si bayi menjadi wangi dan kulitnya bersih. Namun, mengkonsumsi buah kelapa segar ketika dalam masa kehamilan juga bisa menjadikan anak tersebut memiliki akhlak yang mulia. Hal ini sesuai dengan Hadist Rasulullah SAW, beliau bersabda :

Berilah makanan istrimu yang sedang hamil buah kelapa, karena ia dapat menjadi sebab anakmu berakhlak baik,” Hadits ini bersumber dari Sayyid Ar-Rawandi (Mustadrak Al-Wasail 2: 619, hadis ke-2).

Untuk itu, ketika hamil hendaknya mengkonsumsi buah kelapa segar. Bagian yang bisa dikonsumsi antara lain air kelapa serta daging kelapannya. Di dalam air kelapa tua terdapat sekitar 91% mineral, 0,3% protein, 0,15% lemak, 7,3% karbohidrat dan 1,06% abu. Selain itu air kelapa juga mengandung vitamin C sebesar 2,7 mg/ 100 ml. Sedangkan kandungan mineral air kelapa terdiri atas kalium, natrium, kalsium, magnesium, tembaga, besi.  Selain itu kelapa juga banyak mengandung VCO yang sangat baik untuk .

Luban (Kemenyan Arab)

Luban atau biasa dikenal dengan kemenyan Arab adalah jenis buah yang banyak dijumpai di Oman, Yaman dan Somalia. Buah ini ternyata memiliki manfaat yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil ketika dalam masa kehamilan.

Rasulullah SAW bersabda:

Berilah makanan dari Luban istrimu yang sedang hamil, karena jika bayimu dalam perut ibunya diberi makanan dari Luban ia dapat menambah kecerdasan akalnya. Jika ia laki-laki akan menjadi orang yang pemberani, dan jika perempuan pinggulnya akan besar sehingga kelak menjadi bagian yang baik bagi suaminya,” Hadis ini bersumber dari Sufyan Ats-Tsauri dari Abu Ziyad dai Imam Hasan bin Ali. (Al-Wasail 15: 136, hadits ke 1).

Dengan mengkonsumsi buah Luban ini berarti akan membantu anak yang dikandung menjadi lebih cerdas. Meskipun sulit untuk didapatkan karena tidak ada yang membudidayakannya di Indonesia, namun Anda bisa mencoba mencarinya di toko online.

Baca Juga: Tanda Tanda Hamil

Buah Kurma Segar

Buah selanjutnya yang juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah kurma segar. Sudah banyak diketahui bahwa kurma kaya akan gizi dan vitamin. Kandungan dalam buah kurma antara lain zat besi, kalsium, fosforus, sodium, potasium, vitamin A dan C.

Imam Abul Hasan berkata :

Tahukah kamu bayi yang dikandung oleh Siti Maryam?” Aku menjawab : Tidak. Beliau berkata: “Ia berasal dari buah kurma yang segar yang dikirim oleh Jibril,” Hadits ini bersumber dari Sulaiman Al-Ju'fi. (Mustadrak Al-Wasail 2: 619)

Imam Ali bin Abi Thalib berkata :

Tidak ada makanan dan obat yang dimakan oleh perempuan yang sedang hamil lebih utama dari buah kurma yang segar (rathab), karena Allah azza wa jalla berfirman kepada Siti Maryam :

Goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu,” (QS. Maryam: 25-26).

Kemudian, diceritakan oleh Jumaah bin Abdullah yang disampaikan oleh Marwan yang mendapat berita dari pada Ibnu Hashim bahwa Amir bin Saad mendengar bapaknya meriwayatkan Rasulullah Sallallahu alaihi Wasallam bersabda : “Barangsiapa yang makan 7 biji tamar ajwah dia akan terkawal dari pada kejutan syaitan dan sihir pada hari itu,” Hadits ini bersumber dari Imam Ja'far Ash-Shadiq (Mustadrak Al-Wasail 2: 619, hadits ke 3).

Dari hadist-hadist di atas, sudah jelas bahwa mengkonsumsi buah kurma ketika hamil memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Di Indonesia, buah kurma ini mudah untuk di dapatkan terlebih lagi ketika memasuki bulan Ramadhan. Jadi, bagi ibu hamil, manfaatkanlah buah kurma sebaik mungkin.

Baca Juga: Cara Agar Cepat Hamil, Tips Obat dan Teknik

Buah Semangka

Buah sehat anjuran Rasulullah SAW yang terakhir untuk ibu hamil adalah buah semangka. Ternyata buah semangka yang manis itu, memiliki kandungan air yang sangat banyak yakni mencapai 90 persen dari berat semangka tersebut.

Rasulullah saw bersabda :

Tidak ada seorang perempuan hamil yang makan buah semangka, kecuali anak yang dilahirkan olehnya wajah dan fisiknya bagus,” (Hadits ini bersumber dari Abul Abbas Al-Mustaghfiri dalam kitab Thibbun Nabi dikutip oleh Mustadrak Al-Wasail 2: 619).

Ternyata, ada banyak manfaat lainnya dari mengkonsumsi buah semangka ketika dalam masa kehamilan. Antara lain, dapat mengurangi rasa mual, menambah cairan tubuh, mencegah kram otot, mengurangi resiko presclampsia (penyakit yang biasanya terjadi pada minggu ke-20 kehamilan dimana tekanan darah naik yang disertai dengan munculnya protein di urin) serta bisa menjadi sumber nutrisi khususnya pada otak, penglihatan, otot dan sistem imunitas dan syaraf pada bayi yang sedang di kandung.

Semoga informasi Buah Sehat untuk Ibu Hamil diatsa dapa membantu para ibu hamil memilih makanan yang tepat untuk kesehatan ibu hamil dan bayi yang sedang di kandungnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.