Apa Arti Boarding School? Berikut Penjelasannya

Avatar of PortalMadura.com
Apa Arti Boarding School? Berikut Penjelasannya

Meningkatnya popularitas boarding school membuat banyak orang tua yang mencari tahu informasi mengenai sekolah ini. Bahkan sebagian besar diantaranya mencari tahu apa arti boarding school itu. Informasi tentang arti boarding school penting untuk diketahui agar bisa dijadikan pertimbangan penting dalam memilih sekolah terbaik untuk anaknya.

Jumlah boarding school di Indonesia cukup banyak dengan kualitas yang baik. Tidak salah jika kemudian banyak yang ingin tahu lebih dalam mengenai sekolah ini. Buat Anda yang ingin tahu arti boarding school, langsung saja simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Apa Arti Boarding school?

Menurut Kamus Oxford Advanced Learner’s Dictionary, boarding school bisa diartikan sebagai sekolah atau lembaga pendidikan yang mana siswanya belajar dan tinggal bersama selama kegiatan pembelajaran berlangsung. 

Di dalam buku Evaluasi Program Boarding school Model Goal Free Evaluation, pengertian boarding school terdiri dari dua kata yaitu boarding yang berarti asrama dan school berarti sekolah. 

Berdasarkan kedua pengertian diatas bisa disimpulkan jika boarding school atau sekolah berasrama merupakan sekolah yang mengharuskan para siswanya untuk hidup dan belajar bersama dengan siswa lainnya dengan tambahan berbagai kegiatan lainnya.

Boarding school juga bisa diartikan sebagai sistem pendidikan yang menyediakan tempat tinggal berupa asrama untuk para siswanya. Hal ini berarti siswa yang sekolah di barding school akan tinggal, mencari ilmu dan melakukan berbagai kegiatan lainnya di tempat tersebut. 

Sistem pendidikan yang digunakan boarding school memungkinkan terjadinya interaksi dan juga komunikasi yang intens antara siswa dan guru. Tentu saja hal ini akan membuat kemampuan siswa menjadi lebih berkembang. Kemampuan yang dimaksud disini adalah kemampuan kognitif maupun kemampuan psikomotorik. 

Manfaat Boarding School

Biaya pendidikan yang dikeluarkan untuk menyekolahkan anak di boarding school cukup tinggi. Akan tetapi, biaya tersebut sesuai dengan apa yang didapatkan. Biasanya boarding school memiliki bangunan yang mewah dan menyediakan fasilitas yang lengkap dan nyaman serta memiliki guru yang berkualitas.

Hal ini tentu saja akan memberikan banyak manfaat untuk para peserta didiknya. Inilah berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan bersekolah di boarding school

  1. Melatih Kemandirian Anak

Anak yang sekolah di boarding school akan lebih mandiri.Ini dikarenakan sekolah di boarding school berarti harus tinggal di asrama dan jauh dari orang tua maupun keluarga. Selama di asrama, anak harus memenuhi kebutuhannya sendiri. Mulai dari mengatur keuangannya hingga mengurus semua kebutuhannya sendiri.

  1. Melatih Kedisiplinan

Semua sekolah pasti memiliki aturan atau tata tertib yang harus dipatuhi oleh semua siswa, tanpa terkecuali boarding school. Pihak sekolah juga akan membuat aturan dan tata tertib yang harus ditaati selama berada di asrama. Jika melanggar maka harus siap untuk menerima sanksi. Ini merupakan salah satu cara untuk melatih kedisiplinan siswa. 

  1. Melatih Tanggung Jawab 

Sekolah di boarding school bisa melatih siswa untuk selalu bertanggung jawab. Selama tinggal di asrama berarti siswa memiliki tanggung jawab untuk mengurus dan juga menjaga asrama. Kebersihan asrama menjadi tanggung jawab bersama. 

  1. Memupuk Kebersamaan

Menghabiskan banyak waktunya di sekolah maupun di asrama bisa memupuk kebersamaan antar siswa yang sekolah di boarding school. Interaksi intens antar siswa akan tercipta rasa saling memiliki. Dengan begini maka para siswa akan saling membantu  dalam menyelesaikan tugas harian maupun memenuhi kebutuhan satu sama lainnya. 

Itulah informasi tentang apa arti boarding school. Dengan penjelasan diatas diharapkan Anda menjadi lebih mengenal apa itu boarding school dan semakin yakin untuk menyekolahkan buah hati di sana. 

Jika Anda sedang mencari Islamic Boarding School, SMA Dwiwarna (boarding school) merupakan pilihan yang tepat. SMA ini dikatakan terbaik karena memiliki tenaga pendidik berkualitas, menyediakan fasilitas cukup lengkap dan memiliki tenaga pendidik yang berkualitas. SMA ini juga sudah mendapatkan akreditasi A (98) sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas sekolahnya. 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.