oleh

Arus Modal Asing Keluar Tambah Tekanan pada APBN 2020

PortalMadura.Com – Pemerintah mengatakan, arus modal asing yang keluar dari pasar keuangan Indonesia menambah tekanan terhadap APBN 2020.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pada Januari hingga Juni terjadi arus modal asing keluar dari pasar saham sebesar Rp 12,3 triliun, sementara pada tahun lalu arus modal asing yang masuk ke saham mencapai Rp 68,8 triliun.

“Pada pembelian surat utang negara juga mengalami negatif karena sebanyak Rp 127,9 triliun modal asing keluar, sementara pada tahun lalu ada inflow Rp 95 triliun,” ujarnya pada rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI di Jakarta, Senin (22/6/2020).

Dengan begitu, secara keseluruhan arus modal asing yang keluar dari pasar Indonesia mencapai Rp 140,2 triliun, berbanding terbalik dari tahun lalu yang tercatat ada Rp 164 triliun arus modal asing masuk.

Dia menjelaskan, walaupun tertekan, APBN 2020 adalah instrumen utama untuk menghadapi pukulan terhadap pelemahan perekonomian akibat dari lemahnya penerimaan dan harga komoditas.

Sri Mulyani mengatakan pemerintah menganggarkan biaya Rp 695,2 triliun untuk penanganan Covid-19 sehingga defisit APBN membengkak dari 1,76 persen dalam Undang-Undang APBN 2020 menjadi 6,34 persen.

“Dengan tambahan stimulus yang kita berikan, kita berharap ekonomi tetap tumbuh positif, walau ada kemungkinan turun ke minus 0,4 persen,” lanjut dia.

Ia mengatakan secara keseluruhan pada 2020 defisit anggaran akan sebesar Rp 1.039,2 triliun.

Hal ini terjadi karena penerimaan negara diperkirakan hanya sebesar Rp 1.699 triliun –dari target Rp 2.233 triliun dalam Undang-Undang APBN 2020– sementara belanja negara akan mencapai Rp 2.739,2 triliun.

Menurut dia, RAPBN 2021 tetap akan digunakan menghadapi tekanan Covid-19 dan untuk mendukung proses pemulihan ekonomi.(*)

Sumber : AA
Editor : Hartono
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE