Asal Mula Ditemukannya Batu Bukit Bernilai Miliaran Rupiah

Avatar of PortalMadura.Com
Akik Sumenep Batu Mulia
Batu Mulia yang ditemukan warga di Bukit Buju' Se Samar

PortalMadura.Com, – Penemuan batu di bukit Dusun Parebbe'en, Desa Nyabakan Timur, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur bernilai miliaran rupiah berawal ketika salah seorang warga melakukan penambangan batu untuk pengerasan jalan desa setempat sejak dua pekan terakhir.

Ditengah bongkahan batu berwarna hitam itu terdapat serat batu bergambar naga. Batunya berkilau warna-warni. Warga pun memprediksi bahwa batu diatas lahan seluas 1.600 m2 itu mengandung ().

“Warga pun berbondong-bondong membawa alat seadanya untuk memecah batu-batu disini. Hasilnya memang batu berkelas dan sudah banyak yang dijadikan batu akik,” terang salah seorang warga setempat, Masribiyanto (35), Sabtu (21/2/2015).

Bahkan ada salah seorang warga yang menemukan batu berbentuk bulat lonjong mirip telur punyuh. “Warnanya merah bercampur putih. Yang menemukan batu itu namanya Masrawi (40),” katanya. (baca : Sebuah Bukit Bernilai Miliaran Rupiah Ditemukan Warga).

Bongkahan batu berukuran besar dan kecil kini sudah banyak ditangan warga masyarakat setempat. Namun, aktivitas penambangan sudah dilarang karena takut menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. (baca : Penambangan Batu Bukit Bernilai Miliaran Rupiah di Sumenep Dihentikan).

Diatas bukit terdapat Buju' (makam). Warga setempat memberi nama Buju' Se Samar. Keberadaan Buju' ini memang dikeramatkan oleh warga setempat. “Setiap tahun memang ada acara khusus, semacam selamatan (ritual),” tambah Masrawi (40), juru kunci Buju' Se Samar.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.