Asal-usul 5 Hantu di Indonesia, Seram dan Bikin Bulu Kuduk Merinding

Avatar of PortalMadura.com
Asal-usul 5 Hantu di Indonesia, Seram dan Bikin Bulu Kuduk Merinding
ilustrasi

PortalMadura.Com – Di zaman modern seperti sekarang ini masih saja ada orang yang percaya adanya hantu atau makhluk halus. Nah, dari sekian banyak hantu yang terkenal di Indonesia, ternyata ada asal-usulnya.

Hantu-hantu khas Indonesia tersebut memiliki cerita sendiri bagaimana bisa ia memiliki julukan alias nama yang dapat diingat masyarakat hingga sekarang. Namun, sudah tahukah Anda cerita di balik nama-nama hantu terseram di Indonesia?.

Berikut ini ulasannya:

Kuntilanak
Kuntilanak nampaknya bisa dinobatkan sebagai hantu yang paling menyeramkan. Jangankan melihat wujudnya, menyebutkan namanya saja mungkin beberapa orang akan bergidik ngeri.

Menurut cerita, kuntilanak sangat suka mengganggu wanita hamil atau wanita yang baru saja melahirkan. Hal ini dikarenakan, hantu yang digambarkan sebagai sosok wanita berbaju putih ini adalah arwah wanita yang meninggal saat melahirkan sehingga ia gentayangan untuk mencari anak-anaknya.

Genderuwo
Genderuwo juga menjadi salah satu hewan menyeramkan dari Indonesia. Genderowu digambarkan sebagai makhluk bertubuh besar, berbulu lebat, dan yang pasti menyeramkan. Asal-usul dari genderuwo ini adalah istilah asli dari bahasa Kawi, yaitu gandarwa. Genderuwo dikisahkan sangat menggemari tempat seperti bangunan tua, batu berair, pohon besar yang teduh atau sudut lembap, geli dan sepi.

Kuyang
Mungkin ada beberapa yang belum kenal dengan hantu satu ini. Kuyang dikenal sebagai hantu peminum darah. Ia berwujud kepala dengan beberapa organ dalam yang bergelantungan. Kabarnya, kuyang adalah hantu yang suka menghisap darah ibu yang baru saja melahirkan atau janin yang masih dalam kandungan.

Hantu Jeruk Purut
Hantu satu ini juga cukup terkenal setelah kisahnya diadopsi menjadi salah satu karya fiilm horor Indoneisa. Awal kisah dari hantu ini adalah dimulai dari kisah seorang penjaga TPU Jeruk Purut yang melihat hantu pastur tanpa kepala dengan anjingnya. Kisah ini sudah terkenal sejak tahun 1986.

Jika Anda penasaran dan ingin menemukan hantu tanpa kepala ini, Anda harus pergi tepat pada waktunya, yakni pada malam Jumat tengah malam dan datang sendirian atau bersama orang lain, namun jumlahnya harus ganjil.

Pocong
Ini dia salah satu hantu terkenal asal Indonesia yang kabarnya menyeramkan. Pocong digambarkan sebagai hantu yang berbalut kain kafan putih dan sering melompat karena bagian bawahnya masih diikat oleh tali.

Cerita di balik hantu satu ini adalah karena ada orang meninggal yang tali pocongnya belum sempat di lepas sehingga ia mulai gentayangan untuk meminta bantuan masyarakat melepaskan tali pocongnya. Disebut-sebut sebagai hantu paling seram, pocong biasanya digambarkan menghuni kuburan dan pohon pisang yang sangat rimbun. (wowmenariknya.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.