Atasi Asam Lambung Penyebab Nyeri Ulu Hati

Asam Lambung Penyebab Nyeri Ulu Hati
Ilustrasi (doktersehat.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Kebanyakan orang merasakan sakit di ulu hati tepat setelah makan banyak. Kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh refleks asam lambung.

Asam lambung naik atau dalam medis disebut Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan salah satu penyakit sistem pencernaan yang cukup sering terjadi.

GERD ini dapat menyebabkan nyeri ulu hati yang dapat sangat mengganggu aktivitas Anda. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui solusi dalam mengatasinya.

Biasanya, sakit di ulu hati akibat asam lambung naik berlangsung selama sekitar dua jam.

Dilansir dari laman Klikdokter.Com, Kamis (13/8/2020), berikut ini beberapa cara mengatasi nyeri ulu hati sekaligus cara mencegah produksi asam lambung berlebih:

Hindari Makanan Pemicu Asam Lambung

Penderita GERD sudah memiliki kelainan pada katup antara lambung dan kerongkongan. Sehingga, jika mengonsumsi makanan pemicu asam lambung naik, maka hal itu akan sangat mudah terjadi.

Oleh sebab itu, penderita GERD sebaiknya menghindari makanan pemicu asam lambung. Contohnya kopi, cokelat, soda, alkohol, daging, serta makanan asam, pedas dan berlemak.

Memperhatikan Posisi Tubuh

Posisi tubuh setelah makan juga berpengaruh pada penderita GERD. Hindari berbaring setelah makan karena asam lambung beserta makanannya dapat kembali ke kerongkongan dengan mudah.

Anda disarankan untuk tetap dalam posisi tegak, minimal dua sampai tiga jam setelah makan. Gaya gravitasi akan dapat membantu menghindari risiko naiknya asam lambung.

Menurunkan Berat Badan

Salah satu risiko penyebab GERD adalah obesitas. Lemak berlebih pada perut dapat menyebabkan timbulnya tekanan, sehingga mendorong asam lambung ke kerongkongan.

Menerapkan Cara Makan Small Frequent Feeding

Small frequent feeding adalah cara makan dengan porsi sedikit, namun sering. Hal ini dapat mencegah arus balik asam lambung dan makanan.

Makan terlalu banyak bisa menimbulkan adanya tekanan pada katup antara lambung dan kerongkongan, sehingga mudah menyebabkan asam lambung naik.

Mengonsumsi Obat-obatan dari Dokter

Jika gejala GERD sudah sangat mengganggu, sebaiknya Anda segera periksa ke dokter. Anda mungkin membutuhkan obat-obatan yang dapat menurunkan produksi asam lambung. Nyeri di ulu hati dan gejala GERD lainnya bisa menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderita. Oleh sebab itu, Anda bisa mengikuti tips di atas untuk mencegah dan mengatasi asam lambung naik.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.