oleh

Asosiasi Migas Indonesia Berkomitmen Tingkatkan Eksplorasi

PortalMadura.Com – Indonesia Petroleum Association (IPA) atau asosiasi migas Indonesia menyampaikan komitmennya untuk terus bekerja sama dengan pemerintah dalam mendukung peningkatan daya saing industri migas melalui peningkatan eksplorasi dan produksi migas.

Penjabat Presiden IPA Louise M. McKenzie menyampaikan komitmen tersebut untuk mendukung ketahanan energi Indonesia di masa mendatang.

Menurut dia, selain mendukung ketahanan energi, industri migas nasional juga berdampak besar pada peningkatan sumber daya manusia Indonesia khususnya tenaga kerja yang terampil dan berbakat di seluruh wilayah Indonesia.

“Indonesia memiliki cadangan migas terbukti yang signifikan di dunia dan secara geologis, Indonesia sangat menarik,” jelas Louise dalam pembukaan pameran IPA di Jakarta, Rabu.

Dia memberi contoh penemuan cadangan gas di Blok Sakakemang, Provinsi Sumatera Selatan baru-baru ini menjadi bukti akan hal tersebut.

Lebih jauh lagi, berbagai studi menunjukkan ada lebih dari setengah cekungan di Indonesia yang belum dieksplorasi.

“Masih banyak yang harus dilakukan oleh pelaku industri migas dan pemerintah untuk menemukan dan mengembangkan sumber daya yang diperlukan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia,” lanjut Louise.

Menurut dia, tipe reservoir, geologi dan risiko teknis merupakan faktor yang penting, sama pentingnya dengan regulasi dan kebijakan fiskal meskipun tidak semua proyek memiliki karakteristik yang sama sehingga masing-masing proyek eksplorasi memerlukan pendekatan yang berbeda, baik dalam hal penggunaan teknologi maupun tingkat keekonomian proyek.

Loading...

IPA mengapresiasi Kementerian ESDM yang telah mengambil kebijakan berupa penerapan PSC Gross Split sebagai cara untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Louise menambahkan kondisi global saat ini menunjukkan peluang investasi yang lebih besar daripada jumlah modal yang tersedia sehingga para investor akan bersaing mendapatkan peluang terbaik yang ditawarkan di suatu negara.

“Kita merasakan banyak capaian dari pemerintah Indonesia, mulai dari kemudahan berbisnis, kebijakan fiskal yang pro-pertumbuhan, serta fokus yang baik pada kebijakan di bidang migas oleh Kementerian ESDM,” ujar Louise.

Lebih lanjut, Louise mengungkapkan terbitnya keputusan pemerintah tentang persetujuan revisi POD Blok Masela dan perpanjangan kontrak Blok Corridor menjadi sinyal yang baik bagi para investor.

“Regulasi dan perizinan yang semakin sederhana dan pembukaan akses data migas, serta insentif perpajakan merupakan keberlanjutan langkah pemerintah menuju arah yang tepat,” kata dia.(*)

Baca Juga :


Sumber : Anadolu Agency
Editor : Hartono

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar