Atasi Bintik Merah pada Kulit dengan 6 Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com
Rewriter: Desy WulandariRujukan: Fimela.com
Atasi Bintik Merah pada Kulit dengan 6 Cara Ini
Ilustrasi (Alodokter)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Bintik merah pada kulit yang biasanya disertai rasa gatal atau perih merupakan salah satu masalah kulit yang tidak bisa dianggap sepele. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Seperti, infeksi, kondisi medis, iritasi kulit, ataupun alergi.

Ada bintik merah yang bisa sembuh dengan sendirinya, namun ada pula yang memerlukan perawatan kulit agar bisa sembuh. Nah, bagi penderita bintik merah pada kulit ini tentunya merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri.

Oleh karena itu, lakukan beberapa cara ini untuk mengatasi masalah bintik merah pada kulit yang menyebabkan rasa gatal. Lantas, bagaimana caranya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman fimela.com, berikut ini penjelasannya:

Kompres dengan Air Dingin

Bintik merah bisa diatasi dengan perawatan yang dilakukan di rumah, seperti mengompres dengan air dingin. Perawaran ini dilakukan untuk menenangkan bagian kulit yang memiliki bintik merah yang disertai rasa gatal serta mengalami peradangan.

Untuk mengompres bintik merah dengan air dingin ini Anda hanya perlu membasahi handuk atau kain bersih dengan air dingin, dan peras hingga tidak terlalu basah. Setelah itu, tempelkan handuk basah di area kulit yang terasa gatal atau meradang.

Mandi dengan Sabun dan Air Bersuhu Suam-suam Kuku

Perawatan yang bisa dilakukan di rumah berikutnya adalah mandi dengan sabun yang memiliki kandungan ringan dan tidak mengandung parfum. Cara ini dilakukan untuk mengobati bintik merah pada kulit yang disertai gatal. Sabun yang seperti ini biasanya memang khusus untuk para pemilik kulit sensitif dan perawatan kulit bayi.

Baca Juga:  5 Perbedaan Clay dan Pomade, Kaum Pria Wajib Baca!

Selain menggunakan sabun jenis ini, gunakan pula air yang bersuhu suam-suam kuku. Air panas tidak disarankan karena justru dapat meningkatkan kemungkinan bintik merah di kulit semakin terasa gatal.

Lalu, ingat untuk tidak mengeringkan tubuh dengan cara digosok apalagi secara kasar. Cukup keringkan dengan menepuk kulit tubuh secara perlahan.

Mandi dengan Oatmeal

Perawatan dengan mandi berikutnya yaitu dengan menggunakan oatmeal. Mandi dengan menggunakan oatmeal dapat mengurangi rasa gatal, serta menenangkan peradangan pada kulit.

Caranya pun mudah. Cukup gunakan bubuk oatmeal yang sudah dihaluskan lalu menaburkannya ke dalam bak mandi berisi air. Cara menghaluskan oatmeal bisa dilakukan menggunakan blender.

Jika bubuk oatmeal sudah dicampurkan ke dalam air, Anda bisa berendam di dalamnya selama 15 menit.

Oleskan Krim Antigatal

Ada beberapa jenis bintik merah yang bisa diobati dengan mengoleskan krim antigatal. Krim antigatal memiliki fungsi menenangkan kulit yang terasa gatal.

Jika mengoleskan krim ini, maka akan ada kecenderungan penggunanya berhenti menggaruk kulit yang memiliki bintik merah. Sebab, menggaruk kulit justru malah akan mengakibatkan kulit semakin terasa gatal.

Gunakan Obat Steroid

Obat steroid bisa digunakan untuk mengatasi bintik merah pada kulit yang disertai gatal. Umumnya, obat ini dijual dalam bentuk salep topikal dan obat minum.

Baca Juga:  6 Cara Gunakan Parfum agar Awet Seharian, Catat!

Salep steroid memiliki fungsi untuk meringankan rasa gatal dan peradangan yang disebabkan bintik-bintik merah pada kulit.

Untuk menggunakan obat ini Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, karena obat ini tidak dijual secara bebas di Apotek.

Gunakan Obat Antihistamin

Selain obat steroid, Anda bisa mengatasi bintik-bintik merah pada kulit yang disertai gatal dengan menggunakan obat antihistamin. Sama seperti obat steroid, obat ini pun tersedia dalam bentuk salep topikal dan obat minum.

Namun tidak seperti obat steroid yang harus melakukan konsultasi dengan dokter, obat antihistamin bisa didapatkan di Apotek secara bebas. Obat ini dapat menghentikan munculnya reaksi alergi.

Adapun efek samping dari obat antihistamin, yakni menyebabkan rasa kantuk. Sehingga meski dalam keadaan kulit yang terasa gatal, Anda tetap bisa tidur lelap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.