Ketahui, 5 Efek Buruk Punya Kuku Terlalu Panjang

Avatar of PortalMadura.com
Ketahui, 5 Efek Buruk Punya Kuku Terlalu Panjang
Ilustrasi (eventkampus.com)

PortalMadura.Com merupakan salah satu bagian dari tangan yang bisa dipercantik dengan berbagai warna. Seperti ditambahkan kuteks dan nail arts. Hal ini akan semakin tampak indah jika kuku panjang.

Sayangnya, perawatan kuku panjang jauh lebih rumit dibanding kuku yang pendek. Bahkan ada beberapa efek buruk jika kuku terlalu panjang. Lantas apa saja efek buruknya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut ini penjelasannya:

Menjadi Tempat Berkumpulnya Kotoran

Hampir setiap kegiatan akan melibatkan tangan. Tidak terhitung berapa banyak benda yang dipegang dalam sehari dengan menggunakan tangan.

Seperti diketahui, kuman sangat mudah berpindah tempat, termasuk ke tangan. Jika Anda punya kuku yang panjang, maka kuman akan senang bersarang di sana.

Meski sering menggunakan hand sanitizer dan cuci tangan, namun jika tidak membersihkan sela-sela kuku dengan seksama, maka kuman akan tetap berada di sana.

Sebagai Sumber Infeksi

Selain kuman, kotoran juga mudah menempel di kuku. Jika Anda hanya sekadar mencuci tangan dan tidak sampai ke sela-sela kuku dan kemudian makan lalu jatuh sakit, bisa jadi karena kuku yang panjang.

Infeksi yang bisa datang dari kuku panjang yang kotor dan digunakan makan adalah diare, keracunan makanan, atau infeksi lain yang lebih serius.

Makan pun tidak semata makan besar saja, namun sekadar mengambil kue, atau menyicip camilan bisa jadi kesempatan kuman di kuku masuk ke mulut. Jadi, hati-hati, ya!

Kuku Lebih Mudah Patah

Saat melakukan beberapa kegiatan tertentu, kuku yang panjang malah bisa lebih menyulitkan. Seperti contoh saat harus sering membawa barang yang berat, maka kuku ini bisa terkena benda keras dan kemudian patah.

Bahkan akan lebih bahaya jika kuku patah dengan kondisi yang sampai ke daging jari. Maka akan ada luka yang terbuka dan berpotensi jadi sumber rasa sakit dan infeksi.

Berpotensi Melukai Diri Sendiri dan Orang Lain

Meski sudah terbiasa memiliki kuku panjang, Anda masih mungkin melukai diri sendiri dan orang lain dengan kuku tersebut. Apalagi jika yang tidak terbiasa, maka akan lebih besar lagi potensinya.

Saat mandi, mencuci muka, menggaruk, memegang si Kecil, atau saat bercinta ada saja kemungkinan mereka terkena kuku yang panjang.

Daripada menyesal kemudian, lebih baik potong kuku, ya.

Menyulitkan Kegiatan Sehari-hari

Saat memiliki kuku panjang, ada beberapa kegiatan yang akan terasa lebih sulit. Seperti contoh, Anda akan kesulitan jika harus menggunakan keyboard laptop seharian dengan kuku yang terlalu panjang.

Begitu juga saat menyelesaikan tugas rumah seperti mencuci piring tentu akan repot jika kuku terlalu panjang.

Anda jadi harus berpikir dua kali sebelum melakukan hal-hal yang berhubungan dengan tangan. Inilah sulitnya memiliki kuku yang terlalu panjang.

Setelah mengetahui efek sampingnya, sebaiknya hindari memiliki kuku yang terlalu panjang ya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.