Atasi Bruntusan dengan 5 Perawatan Kulit Ini

Avatar of PortalMadura.com
Editor: Desy Wulandari
Atasi Bruntusan dengan 5 Perawatan Kulit Ini
Ilustrasi (Roomme.id)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Bruntusan merupakan salah satu masalah kulit yang tidak bisa dianggap sepele. Benjolan-benjolan kecil yang biasanya terdapat di area wajah ini sangat mengganggu penampilan. Sehingga menjadikan seseorang merasa tidak percaya diri.

Untuk mengatasi bruntusan, ada beberapa perawatan wajah yang bisa Anda lakukan. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman merdeka.com, berikut ini penjelasannya:

Jangan Malas Membersihkan Wajah

Bruntusan terjadi karena penumpukan kotoran, sel kulit mati, hingga minyak yang menyumbat pori-pori. Kondisi tersebut bisa terjadi karena kebersihan kulit yang kurang terjaga dengan baik. Jadi, demi menghilangkan efek bruntusan di wajah dan kulit yang lebih mulus, perhatikan selalu kebersihan wajah, ya!

Lakukan metode double cleansing demi menjaga kebersihan wajah dengan maksimal. Awali dengan membersihkan wajah menggunakan micellar water atau facial cleanser dan lanjutkan mencuci wajah dengan facial wash.

Gunakan Toner

Setelah membersihkan wajah dengan teknik double cleansing, saatnya melakukan perawatan kulit di step berikutnya. Toner jadi produk kecantikan yang juga direkomendasikan. Kandungannya mampu menenangkan wajah, membersihkan sisa kotoran, sekaligus mengembalikan keseimbangan pH kulit.

Baca Juga:  5 Perbedaan Clay dan Pomade, Kaum Pria Wajib Baca!

Efek calming pada wajah setelah mengaplikasikan toner dapat membantu mengatasi iritasi dan masalah kemerahan yang disebabkan oleh bruntusan. So, jangan sampai lewatkan ritual perawatan yang satu ini.

Gunakan Selalu Moisturizer

Menjaga kelembapan wajah juga penting untuk pemilik kulit bruntusan, lho. Banyak yang mengira kalau produk ini hanya untuk pemilik kulit kering. Nyatanya, menjaga kelembapan wajah sangat penting untuk mengurangi produksi minyak berlebih yang sering dialami oleh sang pemilik oily skin. Produksi minyak berlebih ini juga yang menjadi salah satu faktor penyebab kulit bruntusan, lho.

Jadi, pastikan selalu gunakan pelembap yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Khusus pemilik kulit bruntusan, pilih pelembap yang memiliki tekstur gel ringan yang mudah meresap ke dalam kulit. Selain itu, jangan lupa perhatikan kandungan yang ada. Ceramide, Hyaluronic Acid, hingga Glycerin menjadi pilihan yang ramah untuk kulit bruntusan.

Eksfoliasi Kulit Secara Rutin

Bruntusan umumnya disebabkan oleh penumpukan kotoran, minyak, dan komedo di permukaan wajah yang menyebabkan pori-pori jadi tersumbat. Untuk mengatasi masalah tersebut, waktunya untuk melakukan eksfoliasi kulit secara rutin yang bertujuan mengangkat sel kulit mati secara menyeluruh.

Baca Juga:  6 Cara Gunakan Parfum agar Awet Seharian, Catat!

Anda bisa menggunakan produk eksfoliasi seperti scrub lembut yang memiliki formula aman untuk kulit. Selain itu, exfoliating toner yang lagi menjadi tren juga bisa menjadi produk yang direkomendasikan karena lebih gentle dan lembut di kulit.

Manjakan Kulit dengan Sheet Mask

Kalau bermasalah dengan kulit bruntusan, salah satu hal penting saat melakukan perawatan di rumah adalah memanjakan dan menutrisi kulit dengan sheet mask. Produk yang satu ini sangat direkomendasikan karena kandungannya dapat menutrisi kulit.

Jadi, pastikan pilih sheet mask yang memiliki formula yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Gunakan secara rutin 2 kali seminggu untuk memberikan efek kulit yang tenang, meredakan iritasi, dan mengontrol produksi minyak agar tidak muncul secara berlebihan.

Jika dilakukan secara rutin, ritual perawatan kulit di atas bisa membantu mengatasi wajah bruntusan yang mengganggu penampilan. Yuk, saatnya lakukan basic skincare routine Anda sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.