oleh

Atasi Sembelit dengan Daun Senna yang Baik Untuk Percernaan

PortalMadura.Com – Daun senna merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak digunakan untuk mengatasi sembelit. Daun senna, atau yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan nama godong seno, sudah sejak lama dimanfaatkan untuk mengobati sembelit. Kandungan sennosides yang terdapat di daun senna memiliki efek laksatif.

Dilansri dari laman Alodokter.Com, Selasa (7/9/2021) berikut ini adalah dua manfaat daun senna untuk saluran pencernaan:

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Kapal Karam dan Dua Kerangka Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Sar Polda Jatim

Mengatasi Sembelit

Efektivitas daun senna dalam mengatasi sembelit dapat meningkat jika dikombinasikan dengan psyllium atau docusate sodium. Campuran daun senna dengan kedua bahan tersebut, dipercaya efektif untuk mengatasi sembelit pada lanjut usia serta sembelit setelah operasi anorektal (anus dan bagian akhir usus besar).

Selain dikonsumsi dalam bentuk obat, daun senna juga bisa dikonsumsi dalam bentuk teh. Namun, teh daun senna memiliki rasa yang pahit, kemungkinan Anda perlu menambahkan madu saat meminumnya.

Membersihkan Usus Sebelum Kolonoskopi

Mengonsumsi daun senna dinilai cukup efektif untuk mengosongkan usus sebagai persiapan prosedur kolonoskopi. Walaupun masih menuai kontroversi, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan daun senna dalam mengosongkan usus sama baiknya dengan minyak jarak, bisacodyl, maupun polietilen glikol.

Untuk mendapatkan efek membersihkan usus yang optimal, daun senna sering dikombinasikan dengan beberapa jenis obat pencahar lain.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar