Atasi Sembelit dengan Daun Senna yang Baik Untuk Percernaan

Avatar of PortalMadura.com
Atasi-Sembelit-dengan-Daun-Senna-yang-Baik-Untuk-Saluran-Percernaan
Ilustrasi (lampung.co)

PortalMadura.Com merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak digunakan untuk mengatasi sembelit. Daun senna, atau yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan nama godong seno, sudah sejak lama dimanfaatkan untuk mengobati sembelit. Kandungan sennosides yang terdapat di daun senna memiliki efek laksatif.

Dilansri dari laman Alodokter.Com, Selasa (7/9/2021) berikut ini adalah dua manfaat daun senna untuk saluran pencernaan:

Mengatasi Sembelit

Efektivitas daun senna dalam mengatasi sembelit dapat meningkat jika dikombinasikan dengan psyllium atau docusate sodium. Campuran daun senna dengan kedua bahan tersebut, dipercaya efektif untuk mengatasi sembelit pada lanjut usia serta sembelit setelah operasi anorektal (anus dan bagian akhir usus besar).

Selain dikonsumsi dalam bentuk obat, daun senna juga bisa dikonsumsi dalam bentuk teh. Namun, teh daun senna memiliki rasa yang pahit, kemungkinan Anda perlu menambahkan madu saat meminumnya.

Membersihkan Usus Sebelum Kolonoskopi

Mengonsumsi daun senna dinilai cukup efektif untuk mengosongkan usus sebagai persiapan prosedur kolonoskopi. Walaupun masih menuai kontroversi, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan daun senna dalam mengosongkan usus sama baiknya dengan minyak jarak, bisacodyl, maupun polietilen glikol.

Untuk mendapatkan efek membersihkan usus yang optimal, daun senna sering dikombinasikan dengan beberapa jenis obat pencahar lain.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.