oleh

Awas, Bahaya yang Mengintai Anda Minum Kopi saat Perut Kosong

PortalMadura.Com – Setiap hari Anda mungkin mengawali dengan minum kopi yang menjadi kebiasaan dan bahkan mendarah daging. Ada yang baru bisa semangat beraktivitas bila sudah minum kopi. Malah mungkin ada yang baru bangun tidur langsung minum kopi.

Tapi yang perlu selalu diingat dalam minum kopi adalah hindari minum kopi dalam keadaan perut kosong. Masalahnya bukan sekadar bikin perut perih atau kembung.

Seperti yang dilansir fimela.com dikutip rd.com, Dr. Nikola Djordjevic, MD menyebutkan bahwa minum kopi saat perut kosong di pagi hari sebelum sarapan dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh. Padahal saat kita baru bangun pagi, tubuh mulai melepaskan kortisol yang berfungsi untuk untuk mengatur respons kekebalan tubuh, metabolisme, dan respons stres.

Baca Juga: Jelang Paruh Musim Liga 2 2019, Madura FC Berat Kejar Prestasi Musim Lalu

Loading...

Kopi bisa menstimulasi asam dalam perut yang kemudian menciptakan lingkungan yang lebih asam. Jika kita minum kafein saat kortisol dalam tubuh mencapai puncaknya, tubuh kita akan makin merasa stres.

Sehingga malah berisiko mengalami suasana hati yang buruk dan dampak kesehatan jangka panjang. Maka dari itu, sebaiknya perut sudah diisi terlebih dahulu sebelum minum kopi agar produksi asam yang dikeluarkan bisa mengimbangi penyerapannya.

Minum kopi saat perut kosong juga bisa meningkatkan risiko mengalami heartburn dan tukak lambung. Selain bisa memengaruhi kesehatan fisik, minum kopi saat perut kosong juga bisa memengaruhi kesehatan mental.

Produksi asam lambung yang berlebih bisa menyebabkan mood swing, membuat gelisah, dan gemetar. Apalagi bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, maka efek dari konsumsi kafein bisa menyerupai gejala serangan panik.

Dikonsumsi dalam takaran yang tepat dan waktu yang pas, kopi bisa memberi manfaat untuk tubuh. Sekali lagi, sebaiknya jangan minum kopi saat perut masih dalam keadaan kosong, ya. Tetap utamakan prioritas menjaga kesehatan tubuh dan mentalmu.


Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com

Komentar