Awas! Jangan Coba-Coba Ngemis di Sumenep, Tim Gabungan Siaga “Gepeng”

Avatar of PortalMadura.com
Awas! Jangan Coba-Coba Ngemis di Sumenep, Tim Gabungan Siaga "Gepeng"
Sejumlah pengemis terjaring razia tim gabungan dan diserahkan ke Rumah Perlindungan Sosial (RPS) Dinsos Sumenep. (Taufikurrahman @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Tim gabungan yang melibatkan Dinas Sosial (Dinsos) dan Satpol PP Sumenep, Madura, Jawa Timur, sedang siaga mengintai gelandangan dan pengemis (Gepeng).

Bila diketahui meminta-minta (mengemis) di wilayah Sumenep akan digelandang ke Rumah Perlindungan Sosial (RPS) Dinsos Sumenep.

“Razia dilakukan dalam rangka penertiban dan pengkondisian Sumenep selama Ramadan 1442 H,” kata Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial, Dinsos Sumenep, Fajar Isman, Kamis (15/4/2021).

Lokasi yang menjadi incaran, di antaranya, traffic light simpang 4 kota, pasar tradisional, taman bunga (TB) dan traffic light simpang 4, Jl. Panglima Sudirman. “Lokasi itu, rawan gepeng,” ujarnya.

Sejumlah lokasi tersebut dinilai rawan. Sebab, sebelum memasuki bulan Ramadan, tim gabungan telah mengamankan 18 orang pengemis.

“Mayoritas warga Sumenep, dan hanya dua di antaranya asal Pamekasan dan Sampang,” terangnya.

Baca Juga:  MH Said Abdullah Berharap Megawati Umumkan Mbak Puan Calon Presiden 2024

Mereka yang terjaring razia, dilimpahkan ke Rumah Perlindungan Sosial (RPS). Dan dua di antaranya dipulangkan ke daerah asalnya.

Mayoritas yang menjadi pengemis, kata dia, sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah, namun mereka ada yang nekat tetap menjadi pengemis.

“Adanya gepeng itu karena ekonomi rentan dan tidak tahu apa yang mau dilakukan. Maka pemerintah desa dan beberapa elemen lainya agar ikut serta memberdayakan mereka,” tandasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.