oleh

Baca Doa Ini Ketika Anda Dengar Suara Petir

PortalMadura.Com – Banyak orang yang bersyukur ketika hujan turun. Karena, hujan merupakan rahmat dari Allah SWT. Tapi, saat hujan dibarengi dengan bunyi petir yang begitu menyambar tidak sedikit yang merasa khawatir atau bahkan takut.

Untuk mengatasi rasa khawatir itu, ada beberapa doa yang bisa Anda ucapkan. Doa ini bermaksud meminta perlindungan kepada Allah dari hal yang tidak diinginkan. Jadi, jangan pernah menganggap bahwa doa ini sebagai penangkal.

Terdapat pada sebuah riwayat dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘Anhu, bahwa apabila Rasulullah mendengar guntur dan petir, beliau berdoa, “Allahumma la taqtulna bi-ghadhabik wa la tuhlikna bi-‘adhaabik wa ‘aafina qabla dhaalik“. Artinya; “Ya Allah, janganlah engkau membunuh kami dengan kemurkaan-Mu, jangan hancurkan kami dengan siksa-Mu, dan berilah kami kesehatan sebelum itu” (HR. Al-Tirmidzi, Ahmad, Al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad, al-Nasai dalam ‘Amal al-Yaum wa al-Lailah, dan al-Hakim dalam Mustadraknya).

Diriwayatkan dari Amir bin Abdullah bin al-Zubair, apabila ia mendengar guntur, maka ia berhenti berbicara, lalu membaca: “Subhanal-ladzi yusabbihur ra‘du bihamdihi walmala-ikatu min khifatihi“. Artinya; “Mahasuci Allah yang Guntur itu bertasbih dengan memuji-Nya, demikian malaikat karena takut kepada-Nya”.

Doa yang lain, dari ‘Ikrimah mengatakan bahwasanya Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma tatkala mendengar suara petir, beliau mengucapkan, “Subhanal-ladzi sabbahat lahu“. Artinya;
Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya”.

Demikian doa ketika mendengar suara petir. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam. (ruangmuslimah.co/Putri)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.