oleh

Pembuatan Akta Kematian Warga Sampang Rendah

PortalMadura.Com, Sampang – Pembuatan akta kematian warga di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, tercatat cukup rendah sampai menjelang akhir tahun 2018.

“Ironisnya, masyarakat yang bisa mengurus akta kematian bagi keluarga masih sengat rendah sampai 2018 ini,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sampang, Ali Wafa, Selasa (27/11/2018).

Pihaknya mengaku tidak mengetahui secara pasti apa faktor rendahnya pembuatan akta kematian yang mestinya diurus oleh masyarakat.

Entah karena minimnya tingkat kesadaran masyarakat atau terkendala dengan faktor lain. Bahkan disebut sangat jauh untuk mencapai target angka pembuatan akta kematian pada skala nasioanal.

iklan hari santri

“Kami sudah pernah melakukan sosialisasi pentingnya membuat akta kematian bagi masyarakat. Sampai sekarang, masyarakat yang membuat akta kematian mulai mencapai sekitar 20 persen,” imbunya saat ditemui PortalMadura.Com.

Sementara, Ali menyampaikan bahwa pembuatan akta yang bisa mencapai target nasional hanya ada pada akta kelahiran dan terus berjalan normal.

“Alhamdulillah, pembuatan akta kelahiran untuk warga Sampang bisa mencapai target nasional hingga 80 persen,” pungkasnya. (Rafi/Desy)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.