Baca Doa Ini Saat Bayar Utang

Baca Doa Ini Saat Bayar Utang
Ilustrasi (Islamidia.com)

PortalMadura.Com – Berdoa merupakan salah satu etika yang dianjurkan dalam Islam. Ada banyak doa yang diajarkan, mulai dari aktivitas sederhana sampai dengan berdoa ketika dalam keadaan mendesak. Semua itu tentunya tidak lepas dari sebuah harapan agar bisa dikabulkan oleh Allah SWT.

Di antara berbagai doa, ada juga doa saat sedang membayar utang. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Rabu (5/2/2020) dari laman Republika.co.id, dalam buku Kumpulan Doa Berdasarkan Alquran dan Sunah karya Sa’id Ali bin Wahf al-Qahthoni disebutkan, doa untuk orang yang meminjam ketika membayar utang bersumber dari hadis Rasulullah atas riwayat Imam An-Nasa’i dan Imam Ibnu Majah.

Rasulullah bersabda: “Barakallahu laka fii ahlika wa malika, innama jaza-u as-salafil hamdu wal-ada-u,“. Yang artinya: “Semoga Allah memberikan berkah kepadamu dalam keluarga dan hartamu. Sesungguhnya balasan meminjami adalah pujaan dan membayarnya“.

Sedangkan sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, bagi orang yang meminjam juga terdapat anjuran doa agar utangnya terlunasi. Rasulullah bersabda: “Allahumma-kfini bihalalika an haramika wa agniniy bifadhlika amman siwaka“.

Adapun artinya: “Ya Allah, cukupkanlah aku dengan rezeki-Mu yang halal (hingga aku terhidar) dari yang haram. Perkayalah aku dengan kenikmatanMu (hingga aku tidak meminta) kepada selain-Mu“.

Baca Juga

Doa serupa juga berdasarkan hadis, yakni yang diriwayatkan Imam Bukhari berbunyi: “Allahumma inni audzubikaminalhammi walhuzni wal-ajzi walkasali walbakhli waljubni wadhalaiddini waghalabati arrijali“.

Baca Juga : Doa Ajaran Nabi Kepada Ali bin Abi Thalib untuk Kamu yang Terlilit Hutang

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari yang menyedihkan dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil (pelit) dan penakut, utang yang menyibukkan dan laki-laki yang menindas“.

Semoga dengan mengikuti anjuran agama tentang etika dan permohonan kepada Allah ini apabila Anda mempunyai utang, Allah akan segera menutupnya dengan sebaik-baiknya rezeki. Demikian di masa depan, Anda dapat menghindari utang apa pun jenisnya. Wallahu A’lam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.