oleh

Baca Doa Ini Saat Hujan Turun

PortalMadura.Com – Setelah melewati musim kemarau yang begitu panjang ini, hujan tentunya sangat dinanti-nantikan oleh semua orang. Karena, hujan merupakan kenikmatan bagi semua makhluk yang ada di muka bumi ini.

Dengan kata lain, hujan merupakan salah satu keberkahan dari Allah SWT yang diturunkan dari langit ke bumi. Oleh karena itu, dengan begitu nikmatnya hujan, maka umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa ketika hujan turun.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Kapal Karam dan Dua Kerangka Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Sar Polda Jatim

Lantas, bagaimana doanya?.

Dilansir PortalMadura.Com, Selasa (29/10/2019) dari laman Okezone.com, saat hujan turun, kalimat yang diucapkan adalah puji-pujian seperti Alhamdulillahi rabbil alamin yang artinya “Segala Puji Bagi Allah Tuhan Semesta Alam”.

Selain itu terdapat doa yang disunahkan dibaca ketika hujan turun. Dilansir Okezone.com yang dikutip dari akun instagram @sahabatmuslimah, doanya yaitu;

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Allahumma shoyyiban nafi’an“. Artinya: “Ya Allah turunkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat” (HR. Bukhari no. 1032).

Hujan yang turun dengan intensitas sedang mungkin terlihat biasa-biasa saja. Tapi ketika hujan deras dan sekaligus angin kencang, biasanya juga disertai dengan petir tentu akan menakutkan, maka doa dan zikir yang dianjurkan untuk dibaca yaitu:

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhaanalladzi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatihi“. Artinya; “Maha Suci Allah yang halilintar bertasbih dengan memujiNya, begitu juga para malaikat, karena takut kepadaNya” (HR. Bukhari-Al Adabul Mufrad No.723).

Baca Juga: Amalkan Doa Ini untuk Meminta Hujan Saat Kemarau Panjang

Selain membaca saat hujan tiba, terdapat pula lafal zikir setelah hujan reda. Membaca pelafalan ini juga sekaligus sebagai tanda syukur manusia karena Allah telah memberikan berkahNya melalui tetesan air hujan yang membasahi bumi.

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ

Muthirnaa bi Fadh-Lillaahi Wa Rohmatihi“. Artinya; “Kita diberi hujan karena karunia dan Rahmat Allah,” (HR. Bukhari No.846).

Intinya, kedatangan hujan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi penduduk di muka bumi. Apalagi hujan tersebut membawa keberkahan, maka tentu umat Islam perlu mensyukurinya.

Karena, air menjadi sumber paling penting bagi makhluk hidup. Di dalam fikih pun ada empat air yang suci dan mensucikan, di mana bisa digunakan untuk berwudu. Salah satunya adalah air hujan. Wallahu A’lam.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar