oleh

Baca Doa Ini Saat Mendidik Anak Anda, Insya Allah Makbul

PortalMadura.Com – Mendidik anak sejak dini adalah hal yang harus dilakukan oleh orang tua. Karena orang tua menjadi pendidikan pertama dari seorang anak. Tidak hanya urusan dunia saja, anak juga sangat butuh pengetahuan agama Islam, bahkan harus lebih besar porsinya.

Tujuannya tidak lain agar mereka bisa menjadi anak saleh dan kebanggaan orang tua, baik di dunia maupun di akhirat nanti. Tapi sayangnya, masih banyak anak-anak yang bandel, enggan diajarkan agama sehingga jauh dari kata saleh. Hal ini membuat sebagian orang tua bertanya apa yang menjadi penyebabnya.

Tentu banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut. Di antaranya faktor teman, lingkungan, pergaulan, bacaan, tontonan, hingga hal-hal lainnya yang susah menjadi kebiasaan atau aktivitas anak sehari-hari. Oleh karena itu, sebagai orang tua, selain dengan usaha, Anda juga harus mengiringinya dengan doa agar ia menjadi anak saleh. Lantas, bagaimana bacaan doanya?

Dilansir PortalMadura.Com, Kamis (17/6/2021) dari laman Okezone.com, Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Al Habib Quraisy Baharun dalam satu tausiahnya mengatakan, sebagian orang tua yang “hijrah” berpikir sudah berjuang menyekolahkan anaknya ke pesantren, tetapi mereka lupa berdoa kepada Allah SWT.

“Lupa berdoa kepada Allah agar Allah memberikan anaknya taufik dan hidayah-Nya. Padahal, doa merupakan salah satu sebab yang paling utama untuk si anak bisa menjadi hamba Allah yang taat,” ungkap Habib Quraisy.

Berikut doa yang dapat dipanjatkan para orang tua. Salah satunya doa Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam memohon kesalihan untuk keturunannya, sebagaimana diabadikan dalam kitab suci Alquran:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

(Robbi Habli Minash Sholihiin)

Artinya: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang salih” (QS Ash-Shafat: 100)

Selain itu, Allah Subhanahu wa ta’ala juga berfirman:

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

(Robbij ‘Alnii Muqimash Sholati wa Min dzuriyati, Robbana qa Taqobbal Du’a)

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan salat, Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku” (QS Ibrahim: 40)

Demikian doa yang bisa dipanjatkan untuk anak. Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala memberi hidayah dan taufik-Nya serta menjadikan keturunan anak salih dan salihah. Aamiin. Wallahu a’lam bishawab.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Okezone.com

Komentar