oleh

Baca Doa Ini Setelah Salat Istikharah

PortalMadura.Com – Salat istikharah merupakan salat sunnah untuk meminta petunjuk dari Allah SWT. Salat ini dilakukan saat Anda merasa ragu untuk menentukan atau memutuskan sebuah pilihan seperti pilihan pekerjaan, pasangan, atau hal lain.

Salat ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapat pilihan terbaik dalam memutuskan suatu perkara. Selain itu salat ini juga untuk menentukan sebuah perkara yang belum jelas kebaikan dan keburukannya. Dilansir dari laman Republika.co.id Senin (23/11/2020) berikut doa yang dibaca setelah melaksanakan salat istikharah.

“Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika al adziim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu hadzal amro (sebut nama urusan tersebut) khoiron lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii faqdurhu lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Allahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii fash-rifhu anni wasrifnii anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsummardhinii,”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku beristikharah pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat, maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku maka palingkanlah ia dariku, dan palingkanlah aku darinya, dan takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya dan jadikanlah aku ridha dengannya.”

Anda bisa membaca doa ini setelah salat istikharah. Dengan Salat istikharah Allah dapat memberikan petunjuk untuk menentukan beragam pilihan yang sedang dihadapi seorang muslim. Hal ini tercantum dalam hadis berikut:

“Dari sahabat Jabir, ia berkata; Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam mengajari kita istikharah dalam menentukan perkara-perkara, sebagaimana beliau mengajari kita surat dari Al Quran. Jika kalian hendak melakukan perkara/urusan, maka rukuklah (salatlah) dua rakaat dari selain fardhu. Kemudian berdoa: ‘Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepadaMu dengan ilmu pengetahuanMu dan aku mohon kekuasaanMu (untuk mengatasi persoalan) dengan kekuasaanMu. Aku mohon kepadamu sesuatu dari anugerahMu yang maha agung.”

Libatkan Allah dalam segala keputusan Anda dalam kehidupan, agar Anda mendapatkan jalan yang terbaik dan pastinya segala sesuatu dari Allah adalah yang terbaik untuk kita.

Rewrite : Lisa Mana L
Sumber : Republika.co.id

Komentar