Baca Doa Ini untuk Memohon Hisab yang Mudah

Avatar of PortalMadura.com
Baca-Doa-Ini-untuk-Memohon-Hisab-yang-Mudah
Ilustrasi (pixabay.com)

PortalMadura.Com – Akan datang suatu waktu dimana seluruh amal manusia akan dihisap tanpa terkecuali. Hari itu adalah hari yang sangat menakutkan karena amal perbuatan akan dipertanggungjawabkan dan dihitung berat atau ringannya.

Pada saat itu pula Allah SWT akan menampakkan semua perbuatan yang dilakukan umat manusia selama hidup di dunia. Nah, agar amal Anda nanti dihisab dengan begitu ringannya di hari akhir, maka Anda dianjurkan untuk selalu memohon kepada Allah dengan membaca doa.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pun telah mencontohkan doa agar mendapatkan yang mudah. Dilansir Republika.co.id, yang dikutip dari buku Sifat Shalat Nabi karya Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani, Rasulullah membaca,

اللَّهُمَّ حَاسِبْنِيْ حِسَابًا يَسِرًا

Allahumma haasibnii hisaabay yasiroo

Ya Allah, hitunglah-setiap amalku-dengan perhitungan yang mudah” (HR Ahmad, al-Hakim).

Dari Aisyah Radhiyallahu Anha, dia mengatakan, “Aku telah mendengar Rasulullah bersabda: ‘Ya Allah, hitunglah-setiap amalku-dengan perhitungan yang mudah'. Setelah beliau selesai, aku bertanya ‘Wahai Nabi Allah, apakah perhitungan yang mudah itu?

Beliau menjawab, ‘Dengan melihat pada kitabnya kemudian dia diampuni. Sesungguhnya barangsiapa perhitungannya dipertanyakan pada hari itu-wahai Aisyah-niscaya dia akan celaka. Dan setiap yang menimpa seorang hamba mukmin akan dihapuskan oleh Allah dari dirinya, walaupun itu sebuah duri yang menusuknya‘”.

Doa ini juga dibaca Rasulullah sebelum salam ketika salat. Demikian doa yang bisa Anda panjatkan untuk meringankan hisap di hari akhir nanti. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.