oleh

Bacalah 5 Doa Ini Saat Bulan Ramadan, Rugi Jika Diabaikan!

PortalMadura.Com – Sebentar lagi Ramadan akan tiba. Apakah Anda sudah mempersiapkan diri agar Ramadan nanti lebih bermakna?. Tentunya dibekali dengan ilmu agama yang lebih baik dari sebelumnya.

Salah satu yang perlu dan bisa Anda lakukan adalah dengan mengamalkan doa-doa penting. Bacaan ini berupa doa dan zikir yang rugi jika tidak dihafalkan dan diamalkan di bulan Ramadan.

Selamat Ibadah Puasa

Mau tahu apa saja?. Mari simak penjelasan lengkapnya seperti dijelaskan Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal yang dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (3/4/2021) dari laman Okezeone.com:

Doa Bakda atau Setelah Salat Witir

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ

Subhaanal malikil qudduus” (artinya: Maha Suci Allah Yang Maha Merajai, lagi suci dari berbagai kejelekan) (dibaca 3 kali). * Dianjurkan mengeraskan suara pada bacaan ketiga.

رَبِّ الْمَلاَئِكَةِ وَالرُّوحِ

Robbil malaikati war ruuh” (artinya: Allah itu Rabb malaikat dan Ruh—yaitu Jibril–)

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لاَ أُحْصِى ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ

Allohumma innii a’uudzu bi ridhooka min sakhotik wa bi mu’afaatika min ‘uquubatik, wa a’udzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an ‘alaik, anta kamaa atsnaita ‘ala nafsik”. (Artinya: Ya Allah, aku berlindung dengan keridaan-Mu dari kemurkaan-Mu, dengan pemaafan-Mu dari hukuman-Mu. Aku berlindung kepada-Mu dari siksa-Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan kepada-Mu, Engkau adalah sebagaimana yang Engkau sanjukan kepada diri-Mu sendiri).

Doa pada Malam Lailatul Qadar (10 Malam Terakhir Ramadan)

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Allohumma Innaka ‘Afuwwun Tuhibbul ‘Afwa Fa’fu Anni” (artinya: Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku).

Doa Bakda atau Setelah Salat Duha

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمِ

Allohummagh-fir-lii wa tub ‘alayya, innaka antat tawwaabur rohiim”. (Artinya: Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang) (Dibaca 100 Kali sebagaimana dikutip laman Rumasyo).

Doa Ketika Berbuka Puasa

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

Dzahabazh zhoma-u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah”. (Artinya: Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah).

Doa Teruntuk Orang yang Memberi Makan dan Minum Saat Berbuka Puasa

اللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِى وَأَسْقِ مَنْ أَسْقَانِى

Allohumma Ath’im Man Ath’amanii Wa Asqi Man Asqoonii”. (Artinya: Ya Allah, berilah ganti makanan kepada orang yang memberi makan kepadaku dan berilah minuman kepada orang yang memberi minuman kepadaku).

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Okezone.com

Komentar