Badai Siklon Riley di Samudera Hindia, BMKG Ingatkan Warga Waspada Hujan Lebat

Badai siklon Riley di Samudera Hindia, BMKG ingatkan warga waspada hujan lebat
Ilustrasi. (Foto file - Anadolu Agency)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Jakarta – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga untuk mewaspadai hujan berintensitas sedang hingga lebat akibat munculnya badai siklon tropis Riley di Samudera Hindia bagian selatan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R Prabowo wilayah yang berpotensi terjadi hujan berintensitas sedang hingga lebat itu adalah Lampung, Pulau Jawa hingga NTT, juga pesisir selatan Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan serta Sulawesi Selatan.

“Saat ini badai siklon tropis Riley itu berada di 800 kilometer sebelah barat daya Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT),” ujar Mulyono, Jumat, dalam keterangannya.

Mulyono mengatakan bahwa badai badai siklon tersebut bertekanan rendah 982 mb dengan kekuatan 50 knots atau 95 kilometer per jam.

Baca Juga:  Banjir Rob Landa Desa Kertasada Sumenep

Badai siklon itu, lanjut Mulyono, saat ini mengarah ke barat laut dengan kecepatan 4 knots atau 8 kilometer per jam menjauhi wilayah Indonesia.

BMKG juga mengingatkan warga untuk mewaspadai gelombang laut tinggi.

Menurut BMKG, badai siklon menyebabkan gelombang laut setinggi 4-6 meter di perairan selatan Jawa Timur hingga Pulau Rote dan Samudera Hindia sebelah selatan Jawa Timur hiingga Bali. dilaporkan Anadolu Agency, Jumat (25/1/2019).

Gelombang laut setinggi 2,5-4 meter, tambah Mulyono, juga berpotensi terjadi di perairan hingga Samudera Hindia sebelah selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, Selat Sumba, dan Selat Ombai. (AA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.