Bahaya Android TV Box Tidak Resmi, Perlu Waspada Terhadap Ancaman Malware

Avatar of PortalMadura.com
Bahaya Android TV Box Tidak Resmi, Perlu Waspada Terhadap Ancaman Malware
Bahaya Android TV Box Tidak Resmi, Perlu Waspada Terhadap Ancaman Malware

PortalMadura.com-Android TV telah menjadi produk yang populer di pasaran karena menawarkan fitur yang beragam dan dapat digunakan dengan mudah. Namun, tidak semua TV box menjalankan sistem operasi resmi sehingga keamanan perangkat tersebut rentan terhadap serangan malware.

Google sebagai salah satu penyedia layanan Android TV mengeluarkan peringatan kepada pengguna TV box murah agar selalu menggunakan kit resmi untuk menghindari ancaman malware.

Hal ini sejalan dengan temuan dari dua peneliti keamanan yang menemukan bahwa TV Android terinfeksi malware dapat terhubung ke server tertentu dan mengirimkan muatan clickbait ke perangkat korban.

Sebagai akibatnya, para aktor jahat mendapatkan keuntungan ketika pengguna meng-klik iklan buatan mereka yang menyerupai iklan asli, atau disebut sebagai penipuan klik iklan.

Selain itu, Android TV yang terinfeksi juga dapat terhubung dengan perangkat lain tanpa persetujuan pengguna dan menjadi bagian dari robot network (netbot) yang dapat masuk ke ribuan TV box. Laporan TechCrunch menyebutkan bahwa beberapa Android TV memiliki malware pra-instal yang mampu melancarkan serangan siber terkoordinasi.

Beberapa perangkat tersebut menjalankan chip populer asal China dari Rockchip dan Allwinner, yang menggunakan firmware terinfeksi malware.

Google menegaskan bahwa keamanan dan privasi pengguna merupakan prioritas utama dari ekosistem OS Android TV. Oleh karena itu, perusahaan bekerja sama dengan mitra untuk memastikan OS Android TV mematuhi kebijakan keamanan yang ketat.

Perangkat yang bersertifikasi Play Protect dilengkapi dengan perlindungan malware bawaan Google yang menjaga keamanan perangkat, aplikasi, dan data pengguna.

Untuk mencegah pengguna tertipu trik iklan tersebut, Google menyarankan pengguna untuk memeriksa situs web Android TV terlebih dahulu sebelum membeli suatu perangkat TV box.

Disana, dapat dilihat apakah pabrikan perangkat tersebut ada dalam daftar yang disetujui dan apakah TV box memiliki sertifikat Play Protect.

Cara Memeriksa Sertifikasi Play Protect pada TV Box

Untuk memastikan bahwa TV box yang digunakan aman dan memiliki sertifikasi Play Protect, pengguna dapat mengakses Google Play Store dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Google Play Store di TV box
  2. Klik ikon profil di pojok kanan atas
  3. Pilih Play Protect dan cari “Play Protect Certification”
  4. Lihat apakah perangkat pengguna terverifikasi atau tidak

Jika perangkat tidak bersertifikat, Google menyarankan pengguna untuk menghubungi pihak pengembang perangkat dan memastikan apakah perangkat benar-benar bersertifikat Play Protect.

Ancaman Malware Daam pada HP Android

Di sisi lain, sebuah malware baru yang disebut Daam dirancang khusus untuk mengincar HP Android. Malware ini dapat menembus antivirus dan mencuri informasi sensitif dari perangkat yang terinfeksi, termasuk riwayat penelusuran, riwayat panggilan, kontak, konten kamera, pesan, dan file lainnya.

Malware ini sulit dideteksi dan dihapus karena ia beroperasi dengan menghindari sistem keamanan perangkat. Data curian kemudian akan dikirim ke server penyerang.

Untuk menghindari ancaman malware pada HP Android, pengguna disarankan untuk selalu memperbarui aplikasi dan sistem operasi perangkat secara teratur. Selain itu, hindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak jelas atau tidak terpercaya agar perangkat tidak mudah terinfeksi virus dan malware.

Adapun Ransomware, yang merupakan salah satu jenis virus malware yang menyerang perangkat dengan sistem enkripsi file, dapat menyebabkan data tidak terbaca oleh perangkat yang digunakan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.