Baik untuk Ibu Hamil dan Anak-anak, Ini 7 Manfaat Buah Srikaya

Avatar of PortalMadura.com
Baik untuk Ibu Hamil dan Anak-anak, Ini 7 Manfaat Buah Srikaya
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Buah srikaya merupakan salah satu buah musiman yang banyak tumbuh di pulau Madura khususnya Kabupten Sumenep. Buah ini memiliki bentuk yang khas dibandingkan buah yang lain. Karena rasanya yang manis sehingga mempunyai penikmat tersendiri dan dari berbagai kalangan.

Ternyata buah srikaya mengandung banyak antioksidan dan vitamin C serta sumber kalsium, vitamin A, potasium dan magnesium. Selain itu, kandungan kalori dan gula yang tinggi juga terdapat dalam buah ini. Sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, terutama anak-anak dan ibu hamil. Mengapa demikian?

Karena berikut ini sederet manfaatnya:

Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular
Suatu zat bernama natrium dan kalium yang ditemukan di srikaya, ternyata dapat membantu proses kontrol dan pengaturan tekanan darah manusia. Ini bagus untuk kesehatan sistem kardiovaskular, mencegah penyakit jantung dan stroke serta memperkuat otot jantung. Magnesium juga memberikan efek yang sama.

Mencegah Anemia
Srikaya merupakan sumber zat besi yang baik, yang berarti buah ini dapat membantu mencegah dan mengatasi anemia, penyakit akibat kekurangan sel darah merah.

Baca Juga:  Bersama PDIP dan SAI, Pendaftar Operasi Mata Katarak Gratis Tembus 348 Orang

Baca Juga: Empat Kecamatan Rawan Longsor di Sampang

Mencegah Kanker
Buah srikaya mengandung zat yang disebut asetogenin dan alkaloid yang baik untuk mencegah berbagai jenis kanker yang terjadi di tubuh manusia. Jadi perbanyak konsumsi buah ini sangat efektif untuk menjaga kesehatan.

Mencegah Asma
Srikaya merupakan sumber antioksidan dan vitamin C yang baik, sehingga dapat membantu mengurangi risiko serangan asma. Individu yang menderita asma sangat disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak srikaya dalam asupan makanan mereka.

Baik Untuk Ibu Hamil dan Janin
Selain enak, srikaya juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Buah ini mengandung nutrisi yang berkontribusi terhadap perkembangan janin sehat, antara lain, serat, karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lemak esensial.

Wanita hamil yang mengkonsumsi srikaya akan mendapatkan lebih banyak manfaat untuk janin. Ini membantu pembentukan sistem saraf, otak, dan kebal terhadap bayi. Buah ini juga mengurangi risiko keguguran. Ibu menyusui juga disarankan untuk mengonsumsi buah srikaya karena dapat membantu dalam proses produksi ASI.

Baca Juga:  Bersama PDIP dan SAI, Pendaftar Operasi Mata Katarak Gratis Tembus 348 Orang

Baik Untuk Pencernaan
Srikaya dapat membantu sistem pencernaan mencerna makanan yang masuk ke tubuh, karena kandungan seratnya yang tinggi. Buah ini juga bisa membantu menghilangkan racun (toksin) di usus, sehingga proses pencernaan bisa berjalan lebih lancar. Buah srikaya juga membantu mengurangi risiko sembelit, bisul, dan sakit perut umum.

Antioksidan
Srikaya merupakan sumber antioksidan, vitamin C, dan senyawa polifenol yang sangat baik. Nutrisi ini melawan oksidasi yang berhubungan dengan kanker, penuaan dini, aterosklerosis dan penyakit neurodegeneratif. Ini juga berguna untuk mengobati penyakit bawaan kronis.

Ikuti Berita Terbaru Dari PortalMadura.com di  Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.