Batalkah Hirup Minyak Angin atau Aroma Masakan saat Puasa ? Ini Pendapat Ulama

Avatar of PortalMadura.Com
Batalkah Hirup Minyak Angin atau Aroma Masakan saat Puasa ? Ini Pendapat Ulama
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada umumnya saat hidung tersumbat orang akan menghirup minyak angin atau inhaler untuk melegakan pernapasan. Aroma yang dihiruppun beragam, mulai dari yang aroma mentol atau mint sampai yang aroma terapi seperti lavender, jasmine, dan sebagainya. Lantas bagaimana pada saat puasa, batalkah menghirup minyak angin atau inhaler ? Berikut penjelasannya.

Umat muslim tahu rukun puasa, selain niat, adalah meninggalkan hal-hal yang membatalkan puasa. Salah satunya, makan dan minum. Para ulama menyebutkan secara lebih umum, makan dan minum termasuk memasukkan sesuatu ke rongga tubuh yang terbuka.

Syekh Zakariya al-Anshari menyebutkan dalam Fathul Wahhab menyebut puasa adalah meninggalkan sampainya ‘ain – tidak termasuk aroma atau rasa sesuatu yang dhahir (bukan datang dari dalam badan) – ke dalam lubang yang terbuka.”

‘Ain yang membatalkan puasa ini bermacam-macam. Jika terkait hidung dan mulut, ‘ain bisa berupa makanan, minuman, obat, atau benda lainnya yang bisa masuk ke rongga pencernaan atau pernapasan. Bagaimana dengan aroma?

Tak perlu khawatir, aroma tidak termasuk ‘ain. Hal tersebut diperjelas oleh para ulama bahwa menghirup aroma uap itu tidak membatalkan puasa, sebagaimana menghirup aroma kemenyan atau aroma masakan. Syekh Abdurrahman Ba'alawi dalam Bughyatul Mustarsyidin menyebutkan

“Tidak dianggap membatalkan puasa aroma yang dihirup, sebagaimana aroma asap kemenyan atau lainnya, yang terasa mencapai tenggorokan meskipun disengaja, karena bukan termasuk ‘ain (benda yang bisa membatalkan puasa).”

Dengan demikian, menghirup bau-bauan seperti minyak angin dan inhaler juga tidak membatalkan puasa. Hal yang terpenting, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan diri selama berpuasa.

Demikian penjelasan mengenai batal atau tidaknya puasa karena menghirup minyak angin atau inhaler serta dengan mengirup aroma masakan. Semoga informasi di atas bermanfaat (okezone.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.