Bayi Anda Rewel saat Tumbuh Gigi, Atasi dengan 5 Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com
Bayi Anda Rewel saat Tumbuh Gigi, Atasi dengan 5 Cara Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pertama kalinya bayi tumbuh gigi adalah momen berharga yang ditunggu-tunggu orang tua. Namun proses ini juga dapat menjadi masa yang meresahkan karena sebagian bayi akan menjadi lebih rewel dari biasanya akibat merasakan gusi gatal dan sakit.

Proses yang normal dialami setiap bayi adalah proses tumbuhnya gigi. Gigi mulai tumbuh pada bayi di usia 6 bulan. Biasanya yang pertama kali muncul adalah gigi bawah. Tanda-tanda bahwa bayi akan tumbuh gigi yaitu dengan seringnya meneteskan air liur, sering mengunyah benda padat, menurunnya nafsu makan, bahkan paling umum adalah rewel.

Jika kekurangan nafsu makan, maka si kecil akan kekurangan asupan nutrisi, terlebih jika mengalami rewel. Melansir dari PortalMadura.Com dikutip fimela.com, berikut ini berapa cara untuk mengatasi rewel pada bayi saat tumbuh gigi.

Berikan Finger Food
Rewelnya bayi pada saat tumbuh gigi akan terasa gatal dan bahkan kehilangan nafsu makannya. Jangan membiarkan bayi Anda menggigit benda yang belum tentu bersih, ada baiknya untuk memberikan camilan sehat untuknya. Berikanlah finger food yang sehat. Berikan potongan wortel atau brokoli yang sudah dikukus, potong-potong sesuai dengan genggaman si kecil.

Usap Gusi Bayi
Bayi yang rewel seharian dan tidak memiliki nafsu makan, mungkin akan membuat sebagian orang tua merasa bingung. Untuk menenangkan bayi yang rewel akibat akan tumbuh gigi, Anda dapat menggendong atau menidurkannya sambil mengusap gusi pada si kecil. Pastikan tanganmu bersih dan steril. Atau dapat juga menggunakan kain bersih dan usap gusinya dengan perlahan.

Berikan Teether Rings
Bayi yang memasuki usia 4-6 bulan ia akan lebih sering memasukkan benda-benda ke mulut dan menggigitnya. Hal ini disebabkan si kecil merasakan gatal pada gusinya. Berikan si kecil mainan gigi atau sering disebut teether rings. Teether yang berbentuk lingkaran dapat dengan mudah dipegang oleh si kecil. Pilih produk teether yang memiliki label aman untuk si kecil. Selalu perhatikan kebersihan teether.

Berikan Minuman Dingin
Ketika bayi rewel karena akan tumbuh gigi, sebaiknya Anda memberikan minuman dingin yang bebas gula. Usahakan jangan memberikan minuman yang terlalu dingin sehingga dapat mengganggu kesehatan si kecil. Minuman dingin dapat meringankan rasa gatal pada gusi akibat tumbuhnya gigi.

Oleskan Obat
Jika bayi mengalami nyeri yang parah, ada baiknya memeriksakan ke dokter spesialis anak. Jika memang dokter menyarankan untuk memberikan obat, berikan obat sesuai dengan anjuran dokter.

Baca Juga: Live Piala Gubernur Jatim 2020 di MNCTV, Persebaya vs Persik Jadi Laga Pembuka

Tak perlu khawatir, sebab gejala hanya bersifat sementara. Jika bayi sering memasukkan benda ke dalam mulutnya, ada baiknya memperhatikan kebersihan benda-benda tersebut.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.