oleh

Beberapa Langkah Diet Sehat Gizi Seimbang

PortalMadura.Com – Menjaga postur tubuh itu sangat penting untuk sebagian besar perempuan. Tubuh yang ideal menjadi salah satu keinginan setiap perempuan.

Tentunya dengan cara menjaga pola makan dan berolahraga yang teratur Anda bisa mempunyai tubuh yang bagus dan sehat. Pola makan sehat dan diet yang seimbang adalah salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan, dan akan membuat Anda merasa fit dan bugar.

Dilansir dari laman Kompas.Com, Selasa (30/6/2020), berikut langkah diet sehat dengan gizi yang seimbang:

Makan Makanan Bertepung

Sebagian besar orang berpikir bahwa makanan bertepung dapat menggemukkan. Tetapi sebenarnya jika Anda mengatur porsi sekitar sepertiga dari total makanan yang Anda makan, tidak akan menggemukkan. Yang dimaksud makanan bertepung adalah kentang, sereal, pasta, nasi dan roti.

Makan Banyak Buah dan Sayuran

Mengonsumsi buah dan sayur sangat penting untuk menjaga kandungan gizi dalam tubuh Anda. Usahakan agar jumlah sayur yang Anda makan, memenuhi sepertiga piring Anda. Satu buah pisang atau apel, juga dapat dihitung sebagai satu porsi.

Makan Lebih Banyak Ikan

Selain mengonsumsi jenis makanan yang sudah disebutkan di atas, Anda juga dapat mengonsumsi ikan sebagai makanan diet sehat. Kandungan lemak baik omega-3 dalam ikan dapat membantu Anda menurutkan berat badan.

Kurangi Lemak Jenuh

semua butuh lemak, tapi menghitung jumlah dan jenis lemak yang kita konsumsi juga penting. Terlalu banyak lemak jenuh bisa meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah, yang meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Lemak jenuh dapat kita temukan di dalam banyak makanan, seperti keju keras, kue, biskuit, sosis, krim, mentega, pai, keripik kentang dalam kemasan dan lain sebagainya.

Kurangi Gula dan Garam

Makanan tinggi gula, garam, minyak, dan lemak juga berkalori tinggi sehingga buruk bagi tubuh. Anda harus lebih membatasi kosumsi gula. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi gula, akan meningkatkan risiko kerusakan gigi. Makan terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah Anda.

Jangan Sampai Kehausan

Anda perlu minum air putih sekitar 1,6 sampai dua liter setiap hari agar tidak dehidrasi. Hindari minuman ringan dan minuman bersoda yang tinggi gula karena bisa membuat Anda kelebihan kalori dan berpotensi merusak gigi.

Jangan Melewatkan Sarapan

Beberapa orang terkadang melewatkan sarapan karena tidak terbiasa. Ada yang menganggap melewatkan sarapan itu membantu menurunkan berat badan. Ini adalah pemikiran yang salah kaprah. Sarapan yang sehat merupakan bagian penting dari diet seimbang. Sarapan juga merupakan ‘media’ agar kebutuhan nutrisi kita terpenuhi, sejak kita memulai hari.

Sebenarnya merancang menu diet sehat untuk sehari-hari tidaklah sulit, selama setiap makanan dan camilan yang Anda konsumsi mengandung protein, serat, karbohidrat kompleks dan sedikit lemak. Mengatur pola makan dan olahraga rutin, rencana diet Anda akan berjalan lebih baik jika Anda juga menerapkan pola hidup yang sehat secara keseluruhan.

Rewriter : Oktaviana Dwi K.K
Sumber : Kompas.Com
Tirto.ID
Loading...

Komentar