oleh

Begini 9 Trik Memulai Bisnis Makanan, Pemula Wajib Tahu!

PortalMadura.Com – Bisnis makanan bisa dikatakan sekarang ini menjadi primadona. Bagaimana tidak, banyak orang mengincarnya lantaran punya peluang besar untuk bertahan dalam jangka panjang. Apalagi, ada banyak pilihan makanan yang bisa Anda coba jadikan usaha.

Jadi, sudah tidak perlu bingung lagi, jika ingin lebih menarik Anda cukup mengkreasikan makanan tertentu sehingga membuat orang yang melihatnya ingin membeli. Tapi tunggu dulu, sebelum memulainya Anda perlu mengetahui cara melakukan bisnis makanan yang benar agar prospeknya jangka panjang.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Berikut caranya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (12/10/2021) dari laman Idntimes.com:

Siapkan Modal

Tidak bisa dipungkiri, modal merupakan hal yang paling utama yang harus dipersiapkan dalam memulai bisnis, termasuk memulai bisnis makanan.

Dalam bisnis makanan, tidak ada modal yang ideal. Maka dari itu, jika Anda ingin memulai dengan modal kecil, Anda dapat memulai dalam skala kecil dulu. Namun, jika Anda memiliki modal yang besar, Anda dapat memulai bisnis makanan dengan lebih proper.

Tentukan Makanan Apa yang Ingin Dijual dan Menu yang menjadi Andalannya

Untuk menentukan hal ini, Anda dapat juga menjual makanan yang sekiranya menjadi andalan Anda saat memasak. Namun, jika Anda tidak memiliki keahlian memasak dan ingin menjual makanan Anda bisa memulainya dengan franchise makanan.

Perlu diingat, jika Anda sudah menentukan ingin menjual makanan apa, setelahnya Anda bisa menentukan menu yang menjadi andalan.

Menentukan Supplier Bahan Baku

Hal ini berlaku jika Anda ingin menjual makanan dengan memproduksinya sendiri. Supplier bahan baku menjadi salah satu elemen penting untuk menentukan kualitas makanan yang akan Anda jual.

Bahan baku dengan kualitas baik dan segar tentunya akan menghasilkan masakan yang enak. Jadi, pilih supplier bahan baku yang memberikan harga yang relatif murah namun dengan kualitas bahan yang baik.

Anda juga bisa menjaga hubungan yang intens dengan supplier agar dapat memperoleh prioritas untuk mendapatkan barang yang sedang langka di pasaran. Perlu diingat juga untuk memiliki beberapa supplier agar Anda memiliki pilihan.

Menentukan Target Pemasaran

Salah satu kunci sukses dari usaha adalah kesesuain antara jenis makanan dan target pemasaran. Oleh karena itu, sesuaikan antara harga dan selera pembeli sehingga target pemasaran akan tercapai.
Anda bisa menganalisis pasar yang biasanya menyantap makanan tersebut. Setelah itu, Anda jadikan target pemasaran Anda.

Lakukan Promosi dengan Tepat

Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Kini, pemasaran tidak hanya bisa dilakukan dari mulut ke mulut, tetapi juga dapat dilakukan melalui media sosial.

Namun, khusus bisnis makanan, promosi yang paling kuat adalah dari mulut ke mulut. Hal ini karena para pembeli yang merasa puas dengan rasa dan pelayanan, akan dengan senang hati untuk merekomendasikan makanan yang dijual pada orang lain.

Berikan Pelayanan yang Baik dan Informatif

Salah satu hal yang paling membekas dihati pelanggan adalah sikap ramah dan informatif staf yang melayani konsumen. Hal ini secara tidak langsung memberikan dampak positif pada bisnis makanan yang dikelola.

Maka dari itu, pelayanan yang baik dan informatif dapat memajukan bisnis makanan Anda. Tentunya hal ini dibarengi dengan kualitas makanan yang baik.

Buka Toko Offline dan Urus Perizinannya Jika Bisnis Sudah Semakin Maju

Jika bisnis Anda sudah berkembang dan maju, Anda dapat melanjutkan usaha ini secara offline dengan membuka outlet. Untuk hal ini, Anda bisa membuka mulai mencari lokasi strategis.

Misalnya, Anda dapat menyewa ruko yang dekat dengan pusat-pusat keramaian seperti pasar, rumah sakit, sekolah, kampus atau pusat perkantoran. Dengan begitu, Anda dapat menjual makanan Anda dengan lebih banyak. Pastikan juga Anda mengurus perizinan untuk merek dan outlet yang Anda buka.

Rekrut Karyawan Saat Membuka Toko Offline

Ketika membuka outlet atau toko offline, Anda pasti membutuhkan karyawan untuk membantu operasional toko. Apalagi jika pembeli sedang ramai-ramainya. Maka dari itu, merekrut karyawan menjadi salah satu hal yang penting untuk membantu pelayanan toko.

Lakukan Inovasi

Saat berbisnis, tentu saja inovasi harus dilakukan. Hal ini karena persaingan dalam usaha makanan sangat banyak. Apalagi pesaing yang telah lama terjun dalam bisnis.

Oleh karena itu, sebisa mungkin berusaha untuk selalu melakukan inovasi. Anda bisa melakukan inovasi dengan menambah menu atau cita rasa, penampilan, penyajian, serta promo yang diberikan pada pelanggan.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar