Begini Aturan Shaf Salat Berjemaah yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Begini Aturan Shaf Salat Berjemaah yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Dalam islam, sangat dianjurkan. Bahkan, dalam hadis dikatakan bahwa orang yang mengerjakan salat berjemaah akan mendapatkan pahala berlipat ganda dari pada salat sendirian. Oleh karena itu, para ulama mengatakan hukum salat berjamaah adalah sunah muakkad.

Salat jemaah memiliki banyak keutamaan, apalagi bila dilakukan di masjid. Selain itu, terdapat beberapa aturan yang harus dipenuhi bagi orang yang mengerjakannya, salah satunya yakni makmum harus berdiri di belakang imam. Maksudnya, tumit kaki makmum tidak boleh melebihi tumit kaki imam. Sebab, yang namanya makmum adalah pengikut dan orang yang mengikuti posisinya mesti di belakang imam.

Baca Juga : Kenapa Shaf Wanita Dalam Salat Berjemaah Harus di Belakang? Ini Alasannya!

Berikut perturan shaf salat berjemaah yang perlu Anda ketahui.

Apabila jemaahnya laki-laki dan perempuan, maka laki-laki berdiri di shaf depan, dan perempuan salat di belakang laki-laki. Syeikh Musthafa Dib Bugha dalam Fiqhul Manhaji menjelaskan:

“Bila di belakang imam ada banyak laki-laki dan perempuan, maka laki-laki berdiri di shaf depan atau awal, setelah itu baru perempuan. Sementara bila ada hanya satu laki-laki dan perempuan, laki-laki berdiri di samping imam, di belakangnya perempuan”.

Dari penjelasan di atas dapat dipahami bahwa, dalam salat berjemaah perlu diperhatikan aturan shaf tersebut agar salat yang dilakukan memenuhi aturan salat jemaah dan sekaligus mendapatkan kesempurnaan salat berjemaah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.