oleh

Begini Cara Atur Keuangan dengan Metode 50-30-20

PortalMadura.Com – Membuat anggaran dengan tepat adalah hal penting yang perlu dilakukan untuk masa depan keuangan dan kesejahteraan finansial. Dengan kata lain, menyimpan dana darurat bisa membantu melindungi dari pengeluaran yang tidak terduga.

Ingat, bikin anggaran yang seperti ini tidak selalu terkesan ketinggalan zaman. Jika sebelumnya sebagian orang membuat anggaran menggunakan metode amplop atau daftar pengeluaran yang mungkin digunakan orang tua, sekarang ini ada yang baru. Apa itu?. Salah satunya metode 50-30-20.

Untuk penjelasan selengkapnya, mari simak cara atur keuangan dan membuat pengeluaran Anda bisa terlaksana sesuai anggaran sebagaimana dilansir Okezone.com dari Real Simple Jakarta, berikut ini:

Mengapa Anggaran Penting?

Mungkin Anda masih bertanya-tanya mengapa anggaran sangat perlu dibuat. Craig Bolanos, penasihat keuangan dan pendiri serta CEO Wealth Management Group, sebuah firma penasihat keuangan yang berbasis di Chicago, mengatakan bahwa anggaran dapat mengarahkan pada jalur untuk mencapai tujuan keuangan. Hal ini juga dapat menghindarkan Anda dari utang dan membantu menghilangkan kebiasaan belanja tidak sehat.

Bagaimana Cara Menganggarkan Uang?

Pertama jangan terfokus pada anggaran orang lain. Apa yang berhasil untuk mereka mungkin tidak berhasil untuk Anda. Sebaliknya, mulailah dengan mempertimbangkan tujuan dan situasi keuangan Anda sendiri.

“Tetapkan tujuan keuangan Anda,” kata Ken Lin, pendiri dan CEO Credit Karma.

Tetapkan Tujuan Keuangan Anda

Pendiri dan CEO Credit Karma Ken Lin mengatakan, tetapkan tujuan keuangan Anda. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah dengan menerapkan metode 50-30-20. Maksudnya adalah 50 persen untuk kebutuhan seperti perumahan dan makanan, 30 persen untuk pengeluaran tidak penting, dan 20 persen menabung untuk masa depan.

Bagaimana Mempertahakan Anggaran?

Tidak hanya itu, yang tidak kalah penting juga adalah bagaimana caranya mempertahankan anggaran untuk sesuai terus menerus. Anda bisa mencatat semua pengeluaran yang dilakukan. Anda juga bisa menggunakan aplikasi untuk mengatasi kelupaan membawa buku catatan.

Pilihan lainnya adalah dengan mendedikasikan rekening giro untuk pengeluaran. Simpan 80 persen atau berapapun dari gaji Anda untuk dibawa pulang.

Evaluasi Kembali Anggaran Anda

Setelah berhasil membuat anggaran, Anda harus menilai kembali. Hal ini bertujuan untuk memastikan pengeluaran Anda tidak pernah bergeser dari anggaran. Rutin lakukan evaluasi anggaran sebulan sekali. Cara-cara di atas akan membuat Anda semakin dekat dengan tujuan finansial Anda.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Okezone.com

Komentar