Begini Cara Lihat Password WiFi yang Sudah Pernah Terhubung ke Android

  • Bagikan
Begini-Cara-Lihat-Password-WiFi-yang-Sudah-Pernah-Terhubung-ke-Android
Ilustrasi (voi.id)

PortalMadura.Com – Para pengguna smartphone tidak selalu menggunakan paket data, terkadang juga menggunakan WiFi. Tapi pernahkah Anda datang ke sebuah tempat umum yang kemudian butuh WiFi tapi tidak tahu password-nya apa?.

Alhasil, tentu Anda akan menanyakan ke pengguna WiFi yang sama. Namun, bagaimana jika pengguna WiFi tersebut telah terhubung dengan WiFi dan password-nya ternyata tidak terlihat dalam bentuk teks, melainkan simbol-simbol terenkripsi?. Bagaimana cara mengecek password WiFi di Android?.

Perlu Anda ingat, cara di bawah ini hanya bisa dilakukan di Android 10 atau yang lebih baru, yakni Android 11 dan Android 12. Pada Android 10, Android 11, dan Android 12 pengguna bisa melihat password WiFi yang sudah terhubung ke perangkat Android tanpa harus melakukan root.

Dilansir Liputan6.com, yang mengutip dari laman Make Use Of, proses ini mungkin berbeda-beda pada Android, tergantung pada tipe smartphone dan versi Android.

– Untuk melihat password WiFi di Android 10 dan setelahnya, buka Setting smartphone dan masuk ke Network & Internet.

Pada Android 10 atau 11, tap WiFi. Pada Android 12, pengguna bisa memilih opsi Internet.

– Pengguna akan melihat daftar Jaringan WiFi. Pada bagian atas daftar WiFi yang aktif, pilih jaringan WiFi paling atas, yakni jaringan WiFi yang saat ini tengah terhubung.

Jika Anda terhubung ke Jaringan yang benar, pada halaman WiFi network, pilih tombol Share. Pengguna mungkin perlu mengkonfirmasi fingerprint atau face unlock, atau masukkan PIN untuk bisa melihat. Ketika pengguna melakukan hal ini, pengguna akan melihat password WiFi di dalam QR Code.

Anda bisa klik di bagian tulisan password WiFi, kemudian akan terlihat password WiFi tersebut lalu bisa dibagikan ke pengguna lain yang membutuhkan.

Perangkat Lain Bisa Scan QR Code WiFi

Kalau mau, perangkat lain bisa men-scan QR Code tersebut untuk bisa langsung terhubung ke WiFi yang dimaksud. Dengan scan QR Code tersebut juga sebenarnya lebih aman karena pengguna tidak perlu repot mengetikkan dan mengecek kebenaran ejaan password.

Jika orang yang bertanya password tersebut adalah pengguna iPhone, minta dia men-scan QR Code tersebut menggunakan kamera, dan tap untuk bergabung ke WiFi tersebut.

Sayangnya, metode di atas tidak bisa dilakukan di smartphone yang menjalankan Android 9 atau di bawahnya, kecuali perangkat Android tersebut sudah di-root.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.