oleh

Pertama di Madura, Bangkalan ‘Launching’ Agro Edo Wisata Kebun Bang Jani

PortalMadura.Com, Bangkalan – Pemerintah Daerah Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, me-launching Agro Edo Wisata, Kebun Bang Jani, Senin (12/4/2021).

Agro edo wisata pertama di Madura ini, berlokasi di Desa Langkap, Kecamatan Burneh, Bangkalan dan merupakan program dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahotbun) Bangkalan.

Launching ditandai dengan pemotongan pita bunga melati oleh Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron. Hadir dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat.

Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron berharap, Agro Edo Wisata dapat memberi manfaat besar bagi warga sekitar sehingga tidak perlu jauh-jauh jika ingin berwisata ke lahan pertanian.

“Cukup di kebun Bang Jani saja, supaya perekonomian warga sekitar berkembang, aset pemerintah bisa maksimal dimanfaatkan, dan menjadi awal yang baik untuk mengembangkan,” katanya.

Kebun Bang Jani menyajikan tiga konsep dalam satu areal, yakni Pertanian, Pendidikan dan Pariwisata.

Konsep pertanian, kata dia, terdiri atas buah tahunan, tanaman sayur dan semusim hidroponik serta koleksi tanaman langka.

Sedangkan konsep pendidikan terdiri atas pertanian tradisional dan modern. Dan pariwisata terdiri dari spot selfie dan taman anak bermain tradisional.

Ia menyampaikan terima kasih pada para pihak yang telah membantu dan saling bekerjasama dalam mewujudkan Argo Edo Wisata Kebun Bang Jani.

“Jaga dan rawat dengan baik karena Agro Edo Wisata adalah yang pertama di Madura,” ujarnya.

Pertama di Madura Bangkalan Launching Agro Edo Wisata Kebun Bang Jani
Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron di dampingi istri Zaenab Zuraidah (M Saed @portalmadura.com)

Sementara, Kepala Dinas Dispertahotbun Bangkalan, Puguh Santoso optimis dengan di-launching-nya Kebun Bang Jani akan menyedot pengunjung.

“Sangat tepat karena bersamaan dengan bulan Ramadan dan cocok untuk tempat ngabuburit. Untuk retribusi nanti kami akan rapatkan dengan yang punya kewenangan, baik Bapenda dan Inspektorat,” jelasnya.

Luas Kebun Bang Jani, kata dia, mencapai 5 hektare dan baru 2 hektare yang sudah ditanami berbagai macam jenis tanaman.

“Bagi pengunjung jika ingin melihat pemandangan silakan, jika ingin memetik buah silakan, nanti akan ditimbang oleh petugas,” pungkasnya.(*)

Penulis : M Saed
Editor : Fianolita Purnaningtias

Komentar