Begini Doa Rasulullah Ketika Ziarah Kubur

Avatar of PortalMadura.com
Begini Doa Rasulullah Ketika Ziarah Kubur
Ilustrasi

PortalMadura.Com sudah menjadi tradisi yang umum dilakukan oleh umat Muslim. Tujuannya tidak lain untuk mendoakan keluarga yang telah meninggal.

Apalagi saat musim Ramadan atau ketika Hari Raya Idul Fitri, umat Muslim di Indonesia berbondong-bondong datang ke makam keluarganya untuk mendoakan. Sebab, kegiatan ini sudah menjadi sunah Rasulullah yang sejak dulu sudah dilakukan.

Sebagaimana menurut Wakil Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadis Indonesia, Ustaz Fauzan Amin mengatakan, ziarah kubur emang disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Hal ini bertujuan untuk mengingat umat muslim bahwa kematian akan datang kepada setiap orang.

“Ziarah bertujuan untuk mengingat akan kematian agar kita semangat mencari bekal pahala dan menghindari dosa,” ujarnya, seperti dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (21/12/2019) dari laman Okezone.com.

Dalam tradisinya, biasanya seseorang membaca doa ketika memasuki area kuburan. Entah itu mengucap salam ataupun doa-doa yang lainnya menurut keyakinan masing-masing.

Tidak hanya manusia pada umumnya, Rasulullah pun ketika memasuki area pemakaman, juga memberi salam. Ia memberi contoh, sebagaimana Rasulullah aktif ziarah kubur baqi di Madinah dan Janatul Ma'la di Mekah.

Lalu, bagaimana bacaannya?. Lafaz yang biasa diucapkannya sebagai berikut:

Assalâmu‘alaikum dâra qaumin mu'minîn wa atâkum mâ tû‘adûn ghadan mu'ajjalûn, wa innâ insyâ-Allâhu bikum lâhiqûn“.

Artinya: “Assalamualaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Tuhan yang sempat ditangguhkan besok, dan kami Insya Allah akan menyusul kalian“.

Selain itu, Rasulullah juga mengajarkan doa ini, yang artinya: “Assalamu'alaikum, hai para mukmin dan muslim yang bersemayam dalam kubur. Semoga Allah melimpahkan rahmat kepada mereka yang telah mendahului dan yang akan menyusul kalian dan (yang telah mendahului dan akan menyusul kami. Sesungguhnya kami Insya Allah akan menyusul kalian“.

Baca Juga : Begini Doa Ketika Ziarah Kubur

Demikian saat ziarah kubur. Semoga bermanfaat. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.