oleh

Begini Doa yang Dibaca Rasulullah Saat Sahur

PortalMadura.Com – Sahur merupakan salah satu bagian penting di bulan Ramadan. Dengan bersahur, seseorang akan memiliki cukup tenaga untuk beraktivitas. Tidak heran jika sahur sangat dianjurkan bagi umat muslim sebelum menjalani ibadah puasa.

Bahkan, Allah SWT memberikan keberkahan bagi umat Islam yang menjalankan sahur. Selain itu, Rasulullah juga menegaskan bahwa santapan hidangan sahur itu penuh berkah.

Sebagaimana dari Abu Sa’id Al-Khudri RA, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat berselawat untuk mereka yang bersahur,” (HR Ahmad).

Makan sahur biasanya dibatasi waktu imsyak atau terbit fajar yang menandai dimulainya waktu berpuasa. Jaraknya tidak jauh dari azan subuh. Oleh karena itu, usai makan sahur, Anda disarankan untuk langsung kembali tidur.

Berbeda dengan Rasulullah, beliau kerap mengisi waktu sahur dengan makan dan berzikir. Saat sahur, Rasulullah pun tidak lupa berdoa. Hal ini diriwayatkan Imam Muslim dari Abu Hurairah ra.

Inilah doa yang dibaca Rasulullah di waktu sahur: “Sami’a saami’a bihamdillahi wa husni balaaihin ‘alainaa rabbanaa shaahibnaa wa afdlil ‘alainaa ‘aaidzam billaahi min naar”.

Artinya: “Semoga ada yang memperdengarkan pujian kami kepada Allah atas nikmat dan cobaan-Nya yang baik bagi kami. Wahai Rabb kami, dampingilah kami (peliharalah kami) dan berilah karunia kepada kami dengan berlindung kepada Allah dari api Neraka”.

Selain itu, diriwayatkan oleh As-Saib bin Zaid RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik hidangan sahur adalah kurma”. Rasulullah SAW lalu berdoa, ‘Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur,” (HR At-Thabarani).

Hadis ini dikutip oleh Syekh Abdul ‘Azhim al-Mundziri dalam Kitab At-Targhib wat Tarhib, (Beirut: Darul Kutub Al-Ilmiyyah, cetakan pertama, juz II, halaman 90).

Jadi, kala bersantap sahur, Rasulullah juga berdoa sebagai berikut:

Yarhamullâhul mutasahhirîn”. Artinya, “Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur”.

Kendati demikian, tidak ada doa yang dikhususkan untuk dibaca secara wajib pada waktu sahur. Namun, berdoa tetap dianjurkan mengingat keberkahan yang ada dalam waktu sahur tersebut.

Yang dianjurkan saat santap sahur adalah membaca bismillah di awalnya dan membaca hamdalah ketika selesai makan, sebagaimana hal itu dilakukan pada setiap makan. Namun, barangsiapa yang mengakhirkan sahurnya sampai sepertiga malam akhir, itu bertepatan dengan waktu terkabulkannya doa. Maka, sayang sekali jika waktu tersebut dilewatkan begitu saja tanpa berdoa.

Baca Juga : Ini Keberkahan yang Akan Anda Dapatkan Saat Sahur

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu sesungguhnya Rasulullah bersabda:

Tuhan kita Tabaroka wa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika sisa sepertiga malam akhir dan berfirman: “Barangsiapa yang berdoa kepadaKu, maka Saya akan kabulkan. Barangsiapa yang meminta kepadaKu, Saya akan berikan. Dan barangsiapa yang memohon ampunan kepadaKu, maka Saya akan mengampuninya” (HR. Bukhori, 1094 dan Muslim, 758).

Maka berdoa pada waktu ini dianjurkan bukan dikarenakan (waktu) sahurnya, melainkan karena waktu tersebut merupakan waktunya ijabah doa.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : islampos.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar