Begini Melestarikan Lingkungan yang Baik

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: Mariyatul KiptiyahEditor: Hartono
Begini Melestarikan Lingkungan yang Baik
Begini Melestarikan Lingkungan yang Baik

PortalMadura.Com – merupakan kewajiban bagi setiap orang. Dengan pelestarian yang baik tentu akan membuat lingkungan terjaga. Berikut Cara melestarikan Lingkungan Dengan Baik

1. Tidak Membuang Sampah Sembarangan 

Baca Juga

Sampah masih menjadi permasalahan besar yang dihadapi oleh Indonesia. Terlebih masih banyak masyarakat Indonesia yang belum membuang sampah secara tertib di tempatnya.

Hal ini kemudian mengakibatkan air sungai menjadi tercemar, aliran sungai pun menjadi terhambat dan berpotensi mengakibatkan banjir.

Selain itu, lingkungan juga menjadi tidak sehat karena banyak sampah yang mengapung di pinggir sungai.

2. Tidak Membakar Sampah

Membakar sampah dapat melepaskan gas-gas yang menyebabkan kerusakan ozon. Sedangkan ozon berfungsi mengatur jumlah atau porsi sinar ultraviolet yang masuk ke permukaan Bumi.

Melindungi Bumi agar sinar ultraviolet tersebut tidak langsung mengenai permukaan Bumi, menyerap sinar ultraviolet, menjaga suhu di Bumi agar tetap stabil, melindungi permukaan Bumi dari benda- benda langit yang jatuh.

3. Menghemat Energi 

Penghematan energi juga bisa dilakukan dengan menghemat BBM dengan meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor.

Bila hendak pergi ke tempat yang relatif dekat, gunakan sepeda atau berjalan kaki agar emisi dari kendaraan tidak mencemari udara.

4. Menggunakan Produk Daur Ulang 

Menggunakan produk daur ulang dapat menjadi langkah yang membantu mengurangi sampah misalnya memanfaatkan kardus bekas menjadi wadah tempat penyimpanan.

5. Menanam Pohon

Semakin sedikitnya lahan hijau di Indonesia juga menjadi permasalahan yang tidak dapat diabaikan. Untuk  melestarikan lingkungan dengan cara menanam pohon di sekitar rumah.

pohon berfungsi sebagai area resapan air. Bila curah hujan tinggi, area resapan air inilah yang bisa mencegah terjadinya banjir.

6. Mengurangi Sampah

Jumlah sampah yang dihasilkan setiap tahun di Indonesia masih sangat tinggi, sampah makanan dan sampah plastik.

Pastikan makanan dapat dihabiskan sehingga tidak terbuang juga dapat menggunakan kantong belanja dari kain serta menggunakan wadah yang bisa digunakan berkali-kali.

Jadi, Jagalah masa depan bumi untuk kehidupan manusia yang sehat dan terhindardari Penyakit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.