Tak Berkategori  

Benarkah Sering Foto Selfie Pertanda Seseorang Alami Gangguan Mental? Ini Jawabannya

Avatar of PortalMadura.com
Benarkah Sering Foto Selfie Pertanda Seseorang Alami Gangguan Mental? Ini Jawabannya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian orang sangat suka melakukan jika ingin mengabadikan momen, dimanapun berada, baik sendiri maupun bersama teman-teman bahkan dilakukan setiap hari.

Tapi tahukah Anda jika sering selfie pertanda alami ?. Sebuah studi baru-baru ini di India telah menegaskan bahwa foto selfie adalah kondisi medis yang mungkin memerlukan perawatan. Kondisi ini disebut selfitis.

Temuan penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Mental Health ini mengklasifikasikan kondisi selfitis dalam 3 tingkat. Pertama, batas sebelum akut, yaitu melakukan foto selfie 3 kali sehari tapi tidak mempostingnya di media sosial. Kedua, akut yaitu melakukan foto selfie 3 kali sehari tapi mempostingnya di media sosial. Ketiga, kronis yaitu dorongan konstan untuk melakukan foto selfie dan mempostingnya setidaknya 6 kali sehari di media sosial.

Obsesi melakukan foto selfie didorong dari kondisi psikologis seseorang atau emosi berlebihan. Untuk memahami mengapa generasi milenial tergila-gila dengan kamera depan ponsel mereka, simak penuturan Dr JR Ram, psikiater konsultan, Rumah Sakit Apollo Gleneagles, Kolkata, Dr Vasantha R Patri, ketua psikolog, Indian Institute of Counseling dan Nitika Kumar, seorang psikolog konseling dan ilmuwan penelitian di Univeristas Delhi.

Mengapa selfie?
Sebuah studi klasik yang dilakukan oleh peneliti psikologis Mita, Dermer dan Knight pada tahun 1977 menyarankan bahwa ketika diminta untuk memilih di antara keduanya, orang cenderung memiliki bayangan cermin mereka pada foto yang sebenarnya.

Pekerjaan lebih lanjut mengatakan, hal ini terjadi karena pada umumnya orang lebih terpapar citra cermin mereka, yang berarti cenderung melihat diri mereka di cermin setiap hari daripada melihat foto mereka. Ini memberi mereka afinitas alami pada bayangan cermin mereka.

“Dengan perpanjangan dari garis pemikiran ini, selfie hanyalah perpanjangan dari bayangan cermin mereka sendiri. Karena itu, orang menyukai selfie mereka lebih dari sekadar foto biasa. Melihat teknologi saat ini, melakukan foto selfie memberi Anda kontrol lebih terhadap jenis cahaya, filter dan faktor lainnya, dan dari sudut mana Anda terlihat,” kata Nitika.

Kebutuhan untuk unjuk diri atau ‘pamer'
Orang terus mencari apresiasi dari orang lain, kata Dr Ram. Mereka menunjukkan prestasi mereka untuk tampil berani dan berbeda, sehingga membuat mereka mendapat perhatian. “Semakin berani diri Anda, semakin besar kemungkinan Anda diperhatikan dan dihargai oleh rekan-rekan,” kata Nitika.

Apakah Anda adalah generasi narsistik?
Narsisisme bisa jadi empat hal: kemandirian, kesia-sian, kepemimpinan dan kebutuhan dikagumi. “Kebutuhan untuk selfie bisa timbul dari dua kondisi ekstrim pikiran Anda, terlalu banyak harga diri (kesia-siaan) atau harga diri yang terlalu rendah,” kata Dr Ram.

Ada banyak penggila selfie yang berpikir terlalu tinggi terhadap dirinya sendiri, karenanya menampilkan dirinya ke dunia. Kelompok orang ini memang narsis. Sebaliknya, ada banyak hal yang kurang bernilai dan membutuhkan penegasan diri dari dunia. Hanya kelompok yang kedua yang akan menyetir sendiri ke ketinggian yang gila untuk mendapatkan apresiasi, bahkan karenanya selfie dapat mempertaruhkan nyawa mereka, kata Dr Vasantha.

Dampak teknologi
Menurut Nitika, generasi sekarang tidak memiliki cukup sarana untuk menjalin ikatan sosial dengan manusia. Dalam kebanyakan kasus, kedua orangtua bekerja dan anak-anak telah belajar mengelola kehidupan dengan sendirinya. Anda hidup di zaman, di mana orang lebih banyak berbicara di telepon dengan orang-orang yang jauh daripada orang-orang yang duduk di sebelah Anda. Meskipun kelihatannya bagus, tentu saja memiliki dampak lain, ada batasan yang parah dari interaksi empatik manusia yang sebenarnya.

Anda sekarang menjadi generasi yang terobsesi dengan presentasi diri di media sosial daripada pembentukan karakter sebenarnya. Kenyataan telah menjadi lebih mahakuasa dan memberi kita kesempatan yang cukup baik untuk memiliki kendali atas bagaimana orang lain melihat Anda.

Jadi, apakah Anda adalah seorang pecandu selfie atau hampir kecanduan? Kemudian tanyakan pertanyaan penting ini untuk diri sendiri, mengapa perlu melakukan foto selfie terus-menerus-10 kali dalam sehari? Jawabannya harus mengetahui apa yang sebenarnya perlu dilakukan terhadap kondisi Anda. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.