Berdalih OM SPAN Sulit Diakses, Pencairan DD Molor di Pamekasan

Avatar of PortalMadura.Com
Berdalih OM SPAN Sulit Diakses, Pencairan DD Molor di Pamekasan
Ilustrasi

PortalMadura.Com, – Pencairan (DD) tahap ketiga di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mengalami penundaan. Pihak pemerintah daerah berdalih ada kendala pada server .

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan, Achmad Faisol mengatakan pengajuan pencairan dana desa (DD) tahap ketiga melalui aplikasi online monitoring Span (OM SPAN) yang diterapkan Kemenkeu terkadang tidak bisa diakses.

“Server sepertinya bermasalah, karena saat kami memasukkan data, tiba-tiba mengalami gangguan,” dalihnya, Senin (17/9/2018).

Sesuai Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) bahwa kabupaten dapat mengajukan termin ketiga dengan syarat penyerapan dana desa harus sudah mencapai 90 persen. Capaian kinerja atau realisasinya mencapai 50 persen dan serapan dana dari rekening desa minimal 75 persen.

Menurutnya, untuk Pamekasan sudah memenuhi syarat pencairan, kecuali laporan realisasi saja yang masih belum rampung. “Laporan yang kami masukkan ke OM SPAN baru 40 persen saja karena terkendala jaringan,” katanya.

OM SPAN merupakan sebuah sistem online monitoring yang dirancang dengan mengintegrasikan proses penganggaran, pelaksanaan dan pelaporan keuangan negara, sehingga diperoleh laporan keuangan akurat melalui proses akuntabel dan transparan.(Hasibuddin/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.