oleh

Berdoalah Setelah Azan, Insya Allah Permohonan Anda Terkabul

PortalMadura.Com – Salat merupakan amalan yang wajib dilakukan oleh seluruh umat Muslim dan ini juga menjadi pertanyaan pertama di yaumil akhir nanti. Tapi sebelum itu dilakukan, tentu ditandai dengan kumandang azan.

Saat azan berkumandang berarti Anda sudah seharusnya bergegas melakukan salat wajib tersebut. Bahkan, apabila Anda sudah bersiap sebelum azan berkumandang itu akan jauh lebih baik. Dengan demikian, Anda bisa mendengarkan dan meresapi setiap untaian kalimat dalam azan.

Hal ini juga menjadi keharusan pula bagi Anda untuk menjawab setiap untaian kalimat tersebut. Nah, ketika kumandang azan telah selesai, maka ini adalah waktu yang paling tepat bagi Anda untuk memohon dengan berdoa kepada Allah SWT.

Mengapa dikatakan waktu yang tepat?. Sebab, pada saat itulah doa yang dipanjatkan kemungkinan besar tidak akan ditolak oleh Allah. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (9/1/2021) dari laman Islampos.com, berikut penjelasan selengkapnya.

Dari Anas bin Malik RA, Rasulullah bersabda, “Doa yang dipanjatkan antara azan dan iqamah tidak akan ditolak, maka berdoalah kalian,” (HR. Tirmidzi, Abu Dawud dan Ahmad).

Dari Sahl bin Sa’ad, Rasulullah bersabda, “Dua waktu yang tidak akan ditolak (permohonan yang dipanjatkan di dalamnya) atau sedikit kemungkinan untuk ditolak, yaitu doa setelah (dikumandangkan) azan dan doa ketika berkecamuk peperangan, tatkala satu dan lainnya saling menyerang,” (HR. Abu Dawud).

Maka, pada saat itu, pintalah kebaikan. Berdoalah pada Allah SWT. Pintalah pada-Nya untuk memberikan kebaikan bagi diri Anda, keluarga Anda, maupun seluruh umat muslim di dunia ini. Dan akan lebih baik lagi, jika Anda memohon ampunan pada-Nya saat itu. Sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah.

Diriwayatkan bahwa Rasulullah berdoa ketika azan Maghrib, “Ya Allah, ini kedatangan malam-Mu, kepergian siang-Mu, dan suara-suara doa kepada-Mu, maka ampunilah aku,” (HR. Abu Dawud). Wallahu A’lam.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Islampos.com

Komentar