oleh

Beri Pinjaman Modal Usaha Bunga 1 Persen Setahun, Ra Baddrut Ingin Masyarakatnya Mandiri

PortalMadura.Com, Pamekasan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur benar-benar serius dalam menciptakan 10 ribu Wira Usaha Baru (WUB) sebagai salah satu misi Bupati dan Wakil Bupati, Baddrut Tamam-Raja’e (Berbaur) dalam lima tahun kepemimpinannya.

Salah satu bukti keseriusan tersebut adalah menganggarkan Rp 5 miliar pada tahun 2020 untuk mendukung program WUB. Tidak hanya itu, pemkab juga memberikan keringanan bunga bagi peminjam modal yang telah terdaftar sebagai peserta WUB dengan bunga hanya 1 persen selama setahun.

“Ini adalah pengembangan usaha berbasis desa, karena saya ingin mewujudkan sumber ekonomi berbasis desa. Kami targetkan 10 ribu pengusaha baru terwujud di seluruh desa di Pamekasan,” ujar Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, Jumat (11/9/2020).

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pamekasan, A. Fata mengungkapkan, anggaran Rp 5 miliar tersebut akan digunakan untuk membina para pelaku usaha baru yang ingin benar-benar mandiri secara ekonomi, tentu dengan tujuan akhir mensejahterakan masyarakat Pamekasan.

“Kami saat ini sedang membina sebanyak 425 wira usaha baru, mereka telah mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Artinya, dalam hal ini kami benar-benar serius,” katanya.

Dia menerangkan, pihaknya juga memberikan pinjaman modal kepada peserta WUB yang membutuhkan bekerja sama dengan pihak bank dengan bunga kecil, yakni hanya 1 persen selama satu tahun. Semestinya, bunga tersebut sebesar 6 persen, namun 5 persennya disubsidi oleh pemerintah daerah sebagai bukti keseriusan Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan.

“Salah satu syarat mengajukan peminjaman modal itu diantaranya harus tercatat sebagai peserta WUB, dan nanti mendapat program pendampingan secara khusus,” tandasnya.

Dia memungkasi, bukti lain dalam keseriusan pemerintah daerah menciptakan pengusaha baru adalah merekrut pendamping WUB sebanyak 45 orang, para pendamping itu memiliki tugas membina dan mendampingi calon pengusaha baru sampai sukses memiliki usaha secara mandiri.(*)

Penulis : Marzukiy
Editor : Oktaviana Dwi K.K
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE