oleh

Kasus Baru Covid-19 Tinggi, TKI Sampang Dilarang Berangkat

PortalMadura.Com, Sampang – Calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur belum bisa berangkat kerja ke Malaysia.

Kasi Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja (Diskumnaker) Sampang, Agus Sumarso menyampaikan, seluruh calon TKI dilarang berangkat ke luar negeri akibat kondisi kasus virus corona (Covid-19) masih tinggi.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

“Kami belum bisa mengirim calon TKI, baik ke Malaysia, Singapura, Arab Saudi maupun luar negeri lain,” ujarnya, Jumat (11/9/2020).

Menurut Agus, larangan terhadap calon TKI tidak dapat berangkat ke negara tujuan, sesuai dengan anjuran dan surat edaran dari pemerintah pusat. Bahwa setiap daerah belum boleh mengirim TKI ke luar negeri.

“Larangan berlaku untuk semua warga yang ingin pergi ke luar negeri yang bertujuan melancong atau bekerja,” terangnya.

Untuk dapat mengirim calon TKI, pihaknya mengaku menunggu surat edaran berikutnya dari pemerintah pusat.

“Kami sambil menunggu untuk penempatan TKI ke luar negeri. Jika pemerintah pusat membuka, maka calon TKI akan dikirim ke negara tujuan,” ungkapnya.

Selama ini, Agus menyebutkan, ada 45 warga Sampang yang sedang mengurus administrasi dan menunggu sebagai pendaftar calon TKI. Namun, mereka belum bisa berangkat ke Malaysia.

“Sempat ada satu calon TKI asal Sampang dengan membawa dokumen resmi akan berangkat ke Malaysia. Tapi, dia ditolak dan akhirnya pulang kampung,” pungkasnya.(*)

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar